Ani Yudhoyono Mulai Kemoterapi, Ini yang Dirasakan Menurut Para Penderita Kanker

instagram.com/aniyudhoyono

Terkini.id – Ibu Ani Yudhoyono saat ini mulai serius dan disiplin menjalani perawatan di Rumah Sakit National University Hospital (NUH) Singapura.

Dalam sebuah video, mantan presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan berita tersebut dan meminta doa dan dukungan dari rakyat Indonesia untuk kesembuhan istri tercintanya.

Ani Yudhoyono sendiri pun sudah menceritakan tentang upaya yang dia lakukan untuk proses kesembuhannya tersebut.

“Setiap hari saya mencatat pengobatan apa saja yang harus saya jalani, obat, suntikan kemo (kemoterapi), transfusi darah dan lain-lain,” tulisnya melalui media sosial.

Dia pun harus tabah, tegar, penuh disiplin.
“Karena pengobatan itu, saya harus ketat, sementara “diisolasi” untuk menghindari penyakit lain masuk,” tulisnya lagi.

Bagaimana Rasanya Dikemoterapi?

Andrian Kaifan, salah seorang penyintas kanker, menceritakan pengalamannya dikemoterapi.

“Bagi yang pernah merasakan sakit-nya dikemoterapi, pastilah akan paham keadaan Bu Ani sekarang,” terang dia.

Beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita kanker ketika menjalani pengobatan tersebut mualai dari nafsu makan hilang, perut sakit, hingga minum air seperti menelan batu besar.

“Rambut alis kumis jenggot rontok, pusing dan sangat lemas, belum lagi menahan sakitnya tes darah berkali-kali serta leucogen injection jika leukosit drop. Badan panas ketika infus kemoterapi mulai masuk, dan hanya bisa ditolong dengan ditemani oleh orang-orang tersayang dan kuasa Allah Ta’ala…” tulisnya di media sosial.

Dia pun ikut berdoa untuk kesembuhan Ibu Ani Yudhoyono.

Sementara, Sutopo Purwo Nugroho yang juga menderita penyakit kanker, ikut memberi pesan kepada mantan ibu negara tersebut.

Sutopo yang merupakan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi pesan, sakit kanker berarti kualitas hidup juga harus lebih baik dengan cara menjaga pola makan.

Selain itu, menurutnya juga harus wajib menghindari makanan yang disukai oleh penyakit kanker.

Beberapa makanan tersebut seperti makanan yang dibakar, berpengawet dan juga mengandung bahan kimia berbahaya.

Sutopo sendiri adalah pejuang kanker yang saat ini sedang bergelut dengan kanker, tepatnya kanker paru stadium IV B. Setahun belakangan ini dirinya menjalani berbagai macam terapi untuk menyembuhkan penyakitnya. Semoga saja pak Sutopo dan Ibu Ani Yudhoyono bisa segera sembuh ya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Lagi, Anggota TNI Tewas Ditembak KKB di Papua

Terkini.id, Jayapura - Setelah Briptu Hedar, kini anggota TNI ikut gugur setelah menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Wamena, Papua.Pratu Sirwandi sebelumnya