6 Cara Efektif Nahan Buang Air Kecil Dalam Keadaan Darurat Biar Gak Ngompol

Ilustrasi nahan buang air

Terkini.id – Kebiasaan menahan buang air kecil memang tak pernah dilanjurkan, pasalnya akan berdampak buruk bagi seseorang. Bahkan orang yang selalu menahan buang air kecil dapat menyebabkan konsekuensi yang serius.

Namun, bagaimana jika kita sedang berada dalam keadaan yang memang terpaksa terpaksa menahan pipis, misalnya saat sedang berada dalam ruangan ujian, yang dilarang keluar, atau karena semua toiletnya sedang penuh.

Nah, kalau kamu sedang berada di situasi seperti itu, ada beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk setidaknya menahan pipismu sampai kamu bisa mencapai toilet dengan selamat.

1. Tutup uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh).

Kebanyakan orang melakukan ini secara otomatis ketika sedikit keinginan untuk pipis itu pertama kali dirasakan. Seiring dengan keinginan untuk pipis ini semakin mendesak, tanpa sadar tubuh kita sering menjadi tegang dan berusaha menahannya.

Padahal, mengencangkan otot-otot yang tidak perlu malah sia-sia dan memperburuk masalah. Fokuslah pada mengencangkan otot yang mengelilingi uretra sambil membiarkan otot-otot lain untuk tetap bersantai.

2. Posisikan tubuhmu.

Caramu memposisikan tubuh bisa membantumu mengencangkan otot-otot di sekitar kandung kemih. Duduk dengan tegak dan jangan membungkuk karena akan menekan bagian bawah perutmu. Itu akan memberi tekanan lebih pada kandung kemihmu yang sudah penuh.

3. Berdiri dengan posisi kaki yang membuka lebar.

Jangan duduk dan menyilangkan kakimu. Saat kamu ingin menahan pipis, kalau bisa ambil posisi berdiri dan buka kakimu dengan lebar. Pada awalnya memang akan terasa kalau pipismu sudah tidak bisa ditahan lagi, namun perasaaan itu akan hilang setelah sekitar 20 detik dan kamu akan lebih mampu menahan pipis dengan lebih lama lagi.

4. Relaks dan jangan tegang.

Walaupun kamu disuruh untuk duduk dengan tegak, namun juga jangan tegang. Tegakkan tubuh bagian atasmu, namun biarkan perutmu tetap relaks. Jangan mencondongkan tubuh ke depan ataupun menarik perutmu ke dalam.

5. Jaga tubuhmu tetap hangat.

Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui, ruangan yang dingin membuat orang lebih sering buang air kecil. Karena itu saat kamu sedang menahan pipis, usahakan tubuhmu tetap hangat. Hindari terpaan angin langsung dari pendingin ruangan.

6. Jangan terlalu banyak bergerak.

Hindari mengubah posisi tubuh secara mendadak. Tetaplah diam dan tenang, jangan panik dan jangan melompat-lompat karena kebelet pipis, seperti yang mungkin kamu pernah lihat di film-film. Hal itu hanya akan membuat kandung kemihmu bereaksi.

Sebaiknya gunakan tips tersebut jika saat sedang dalam keadaan darurat saja ya. Karena kalau sering-sering dilakukan maka akan berdampak buruk pada kesehatan.

Komentar

Rekomendasi

Berkebun di Rumah Selama social distancing Pandemi Covid-19

Aktor ini Tulis Puisi untuk Jurnalis Tangguh yang Meliput Wabah Corona

Penyandang Disabilitas di Makassar Produksi Masker Atasi Kelangkaan di Tengah Wabah Corona

Ini Pesan dan Ajakan Aryo Wijoseno Guna Lawan Corona

Cegah Virus Corona, AMPHURI Bersama PCNU Bakal Gelar Doa dan Zikir

Syamsul, 10 Tahun Mengikis Gunung Pakai Linggis yang Ketiban Rezeki Umrah

Peringati Hari Kanker Sedunia, Karyawan Best Western Makassar Kenakan Pita

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Orang Pertama di Indonesia yang Diangkat Jadi PNS

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar