Gandeng FTI Uniba, Fakultas Teknik Unhas Sukses Gelar FGD

Gandeng FTI-Uniba, Fakultas Teknik Unhas Sukses Gelar FGD

Terkini.id,Makassar – Bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan (FTI-Uniba), Fakultas Teknik Unhas (FTUH) sukses menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Peran K3 di Bidang Teknik & Keinsinyuran dalam menyongsong Ibukota Negara baru (IKNB).

Acara yang menghadirkan narasumber Dr. Ir. Isradi Zainal, MT., MH., MM., DESS., IPU., Asean-Eng. (Ketua Assosiasi Perusahaan Jasa K3 RUI, Ketua Komisi Dewan K3 Nasional dan Dekan FTI Uniba), Dr.Eng. Muhammad Syahid, ST., MT., (Auditor K3 dan Tim UP2K3 Fakuktas Teknik Unhas) dan Giawan Lussa, SH., M.Hum. (Kasi Pengawasan dan Pembinaan K3 Disnakertrans Sulsel) ini berlangsung di ruang rapat CoT Lantai 3 Kampus Fakultas Teknik Unhas di Gowa, Rabu 27 November 2019.

Dr. Ir. Isradi Zainal, MT., MH., MM., DESS., IPU., Asean-Eng. (Ketua Assosiasi Perusahaan Jasa K3 RUI bersama Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, MT

Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, MT mengatakan Focus Group Discussion (FGD) ini adalah langkah awal pelaksanaan program kerja Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) khususnya FDTI Wilayah Timur.

Menurut Arsyad Thaha, dalam Rakernas FDTI periode 2019-2021 yang berlangsung di Balikpapan belum lama ini, diputuskan bahwa FDTI sebagai wadah berhimpunnya Dekan-Dekan Fakultas Teknik dari Perguruan Tinggi di Indonesia.

“FDTI sebagai wadah dekan Fakultas Teknik Perguruan Tinggi di Indonesia harus hadir memberikan sumbangsih pemikiran terkait bidang keteknikan dan keinsinyuran kepada pemerintah pusat dan daerah khususnya terkait rencana pembangunan Ibukota Negara ke Provinsi Kaltim,” terangnya.

Menarik untuk Anda:

Orang nomor satu di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ini berharap dibutuhkan sinergitas dari seluruh unsur yang terkait dengan rencana IKNB.

“Fakultas Teknik perlu mempertimbangkan K3 masuk dalam kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang berbudaya K3. Ini dibutuhkan untuk mencapai IKNB sebagai Safety City,“tegasnya.

Gandeng FTI-Uniba, Fakultas Teknik Unhas Sukses Gelar FGD

Sementara itu, Sekjen FDTI Dr. Isradi Zainal yang menjadi narasumber pada FGD ini menjelaskan bahwa selain konsep Blue City yang digagas pada Rakernas FDTI lalu, maka dalam FGD di Kampus FTUH Gowa ini, dilahirkan gagasan tambahan bahwa IKNB juga harus menjadi Safety City yang menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan tinggal dan beraktivitas masyarakat yang berada di ibukota baru.

“Budaya Keselamatan dan kesehatan beraktivitas harus hidup dalam masyarakat di semua aspek kehidupan. Semua sektor harus menerapkan konsep K3,” ujarnya

Sementara pembicara kedua yakni Dr.Eng. Muhammad Syahid, ST., MT dari Fakultas Teknik Unhas menguraikan pentingnya budaya K3 lahir dan berkembang di kampus-kampus.

Dijelaskan Syahid bahwa generasi masa depan yang diluluskan perguruan tinggi sudah harus berbudaya K3 sehingga mampu membentuk lingkungan tempat kerja yang aman dan nyaman.

“Dengan kesadaran ini FTUH telah membentuk Unit Pengkajian dan Pengembangan K3 (UP2K3). Unit ini berperan dalam membudayakan K3 di kampus teknik Unhas,” urainya.

Ia juga mencontohkan mulai dari pelatihan Ahli K3 Umum untuk dosen dan Mahasiswa, penyelarasan kurikulum K3, pembenahan K3 di laboratorium serta kerjasama Industri.

“Kita berharap Alumni kita telah siap menerapkan K3 ditempat kerja ketika diterima di perusahaan. Saat ini Fakultas Teknik Unhas sedang dipersiapkan sebagai pilot project Kampus berbasis K3,” lanjutnya.

Di samping itu, Staf ahli K3 Disnakertrans SulSel, Giawan Lussa, SH., M.Hum memberikan apresiasi kepada Fakultas Teknik Unhas yang menjadi salah satu kampus yang terdepan dalam menerapkan K3 bahkan telah mendirikan UP2K3 yang beranggotan lebih dari 20 orang dosen bersertifikat Ahli K3 bahkan sebagian besar telah bersertifikat sebagai Auditor.

Gandeng FTI-Uniba, Fakultas Teknik Unhas Sukses Gelar FGD

“Berhimpunnya para dekan fakultas Teknik khususnya yang ada di Indonesia Bagian Timur menjadi sebuah kekuatan untuk ikut berperan mengawal perencanaan, pembangunan dan pengoperasian segala infrastruktur di IKNB,” bebernya.

Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang juga Ketua Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) Indonesia Timur ini turut dihadiri sekitar 30 orang yang terdiri atas 6 orang Dekan Fakultas Teknik yang ada di kota Makassar.

Keenam dekan tersebut masing-masing Dekan FTUH, FTI Uniba, FT Unibos, FT Unismuh, FT UIM dan FT UPRI. Peserta lainnya berasal dari unsur Disnakertrans, LPTM, para pimpinan di lingkungan FTUH dan peserta external lainnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lewat Poster, Mahasiswa KKN Unhas Edukasi Masyarakat Soal Pencegahan Hoax Covid-19

Prof Ambo Asse Dilantik Jadi Rektor Unismuh, PD NA Makassar Doakan yang Terbaik

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar