Makassar Terkini
Masuk

Gandeng Komunitas, Fakultas Teknik Unhas Bina Desa Pesisir di Takalar

Terkini.id, Takalar – Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan Rumah Baca Pesisir (RBP) dan FORMASITA mengadakan acara puncak Bina Desa ‘Pengolahan Sampah Plastik Pantai Menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Nelayan Akibat Covid-19’ di Desa Lagaruda, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Adapun agenda kegiatan tersebut yakni sosialisasi dan workshop penggunaan alat pengubah sampah.

“Kegiatan bina desa Fakultas Teknik dilakukan setiap tahun, dan tahun ini diadakan di Desa Lagaruda, Kabupaten Takalar. Kami melihat ada potensi di desa pesisir ini untuk dijadikan sebagai desa binaan karena selama ini kami mencari-cari daerah yang cocok. Dengan adanya prototype ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk bisa menjalin kerjasama ke depannya,” ucap Ir. Mukti Ali, M.T., Ph.D selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unhas, Selasa 6 April 2021.

Kegiatan bina desa Fakultas Teknik kali ini berfokus pada pemecahan masalah di desa pesisir sekaligus menemukan solusi akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan masyarakat manfaat lain dari sampah plastik yang dapat diubah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). Mengingat, masyarakat pesisir dominan berprofesi sebagai nelayan, yang dimana kapal-kapal pencari ikan masih menggunakan BBM dari fosil sehingga sangat efektif jika menggunakan sampah plastik yang banyak berserakan di pinggir pantai.

Dari alat yang diberikan, diharapkan masyarakat dapat membuat secara mandiri sehingga dapat menekan pengeluaran mereka.

“Kami selaku Pemerintah Desa sangat bersyukur memilih desa lagaruda sebagai tempat bina desa, tema sosialisasi dan workshop sejalan dengan program Bupati Takalar yaitu pengadaan tong sampah tiap desa. Artinya, dengan adanya alat ini, dapat mengolah sampah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) siap pakai untuk Nelayan di desa,” ucap Kurniadi, Sekretaris Desa Lagaruda.

Kegiatan ini juga turut didukung berbagai pihak, salah satunya adalah Komunitas Rumah Baca Pesisir (RBP) yang terdapat di desa tersebut.

“Kami sangat senang bisa ikut andil dalam kegiatan bina desa Fakultas Teknik Unhas kali ini, kami berharap kegiatan ini sebagai awal untuk mengembangkan pesisir Desa Lagaruda ke depannya,” ujar Yusran, Ketua Rumah Baca Pesisir.