Gelar Seminar Proker, Mahasiswa KKN-PPM UNM Siap Mengabdi di Desa Pancana Barru

UNM
Gelar Seminar Proker, Mahasiswa KKN-PPM UNM Siap Mengabdi di Desa Pancana Barru

Terkini.id, Barru – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Program Kerja (Proker)

Kegiatan berlangsung di Baruga Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sabtu, 13 Juli 2019.

Seminar dihadiri oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pancana, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan masyarakat setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan Program Kerja (Proker) mahasiswa selama menjalankan KKN-PPM di Desa Pancana selama 45 hari ke depan.

Selain Diversifikasi Olahan Ikan Laut yang menjadi Program Kerja (Proker) utama, ada juga beberapa Proker tambahan diantaranya adalah kerajinan kulit kerang, pengadaan peta desa, perbaikan taman desa, VCO (Virgin Coconut Oil), pelatihan dan pengadaan hidroponik, pelatihan bahasa asing, dan pembuatan bahan bakar (Bricket).

Selain itu, mahasiswa KKN-PPM UNM juga akan menggelar Seminar Kewirausaahan, Pembuatan Pupuk Kompos, Penyuluhan Bahan Narkoba, VOC (Pupuk Organik Cair), Konseling SMA/SMK, Semangat Menabung, Senam Pagi, dan Pembersihan Pantai.

Koordinator Desa (Kordes) KKN-PPM UNM, Dedy Ibrahim Rauf, mengatakan, proker utama pengolahan ikan bertujuan untuk meningkatan pendapatan masyarakat.

“Tujuan kami yakni peningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat. Menghasilkan protein dan serat dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan gizi,” ujar Dedy.

“Juga memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat,” sambungnya.

Harapan Mahasiswa KKN-PPM UNM 

Dalam pelaksanaan proker, mahasiswa KKN-PPM UNM akan melakukan seminar dan pelatihan terkait dengan tema yang mereka ambil.

“Adapun bentuk program kerjanya itu kami akan mengadakan pelatihan dan seminar tentang cara pengolahan ikan laut yang tidak lepas dari judul yang kita ambil,” kata Dedy, mahasiswa jurusan manajemen UNM.

Pihaknya juga berharap masyarakat Desa Pancana dapat memberikan dukungan serta arahan kepada mahasiswa KKN-PPM selama menjalankan Proker tersebut.

“Semoga adanya kita sebagai mahasiswa KKN-PPM tidak menjadi beban bagi masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Bahas Komunikasi Politik di Era Digital, Pascasarjana Unifa Gelar Seminar Publik

Rakor YESS di Sulawesi Selatan, komitmen lahirkan milenial muda sesuai arah kebijakan Mentan SYL

Direktur Politeknik STIA LAN Makassar Apresiasi Taufan Pawe Kembangkan SDM ASN

Dr. Syaifuddin: untuk pertanian maju, mandiri dan modern, kami akan “all out”

Tingkatkan kualitas Pendidikan Vokasi, Pusdiktan Kementan lakukan 3 langkah nyata

Manfaatkan peluang, alumni Polbangtan Gowa kembangkan usaha jamur tiram di Toraja

Hadir di Unifa, Deng Ical Ajak Mahasiswa Kenali Potensi Diri

Hikmah, petani muda jebolan Polbangtan Gowa manfaatkan jerami fermentasi untuk usaha dan membantu peternak di Polewali Mandar

Dosen Unismuh Makassar Bina Perempuan Nelayan di Barombong

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar