Gelar uji kompetensi bagi alumni, ini pesan Direktur Polbangtan Gowa

Uji Kompetensi bagi Alumni Polbangtan Gowa

Tempat Uji Kompetensi (TUK) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa menggelar Uji Kompetensi Level Fasilitator Bidang Pertanian Organik Tanaman dan Bidang Pertanian Organik Ternak di Aula Syekh Yusuf. Sabtu (24/08/2019).

Direktur Polbangtan Gowa, Dr. Ir. Syaifuddin, MP, saat membuka secara resmi mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Polbangtan Gowa dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO).

Dr. Syaifuddin, menyampaikan uji kompetensi ini perlu diselenggarakan agar para alumni dapat bersaing dengan para pekerja asing karena telah dibekali dengan sertifikat keahlian khusus. Syaifuddin, juga menjelaskan bahwa untuk tahun 2019 dan 5 tahun kedepan kementerian pertanian fokus pada pengembangan SDM sehingga integritas dengan kompeten yang dimiliki harus jauh lebih baik dari pada sebelumnya. Tanah bukanlah warisan tetapi merupakan titipan yang harus dijaga dengan baik, ini salah-satu pesan Dr. Syaifuddin kepada para peserta agar selalu senantiasa menambah pengetahuan dan dipergunakan untuk kebaikan dunia pertanian.

Uji kompetensi yang dilakukan ini di koordinir Bapak Jamaluddin Al Afgani, MP dengan didampingi 10 asesor dan 1 orang dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Kepala TUK Polbangtan Gowa, Drs. Syamsuddin, M.Pd, menyebut uji kompetensi ini diikuti 118 peserta berasal dari alumni yang telah lulus pada tahun 2019. Peserta sebelumnya telah berkecimpung di bidang pertanian dan peternakan, dan pastinya telah memiliki kualifikasi di bidang Pertanian dan Peternakan Organik selama menempuh studi di Polbangtan Gowa.

Uji kompetensi ini diselenggarakan selama tiga hari, diawali dengan verifikasi kelengkapan administrasi dan penjelasan teknis pelaksanaan, kemudian hari kedua para peserta melaksanakan ujian tertulis, wawancara dan ujian praktik terkait “Pertanian organik tanaman dan Pertanian organik ternak.” tutur Syamsuddin dalam laporannya sebagai Kepala TUK Polbangtan Gowa.

Hasil uji, dijelaskannya akan dirumuskan oleh para asesor guna membuat kesimpulan akhir, apakah peserta uji sudah kompeten atau belum kompeten. Apabila nilai uji menunjukkan peserta kompeten, maka peserta berhak mendapatkan Sertifikat Kompetensi selaku Fasilitator Pertanian Organik. (MUZ).

Berita Terkait
Komentar
Terkini