Geram ke Mahfud Soal PKI, Netizen: Gak Berkaca Anggota TNI Membelot Jadi OPM? Itu Bukti Ideologi Tak Pernah Mati!

Terkini.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan tidak ada yang perlu dipermasalahkan dengan kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal bolehnya keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mendaftar sebagai prajurit TNI.

“Ndak apa-apa, itu kebijakan Panglima. Menurut saya, memang normatifnya ndak ada kata ‘keturunan’ itu,” kata Mahfud dilansir dari Viva.co.id pada Senin 4 April 2022.

Mahfud melanjutkan, bahwa saat proses seleksi anggota TNI, ada tahap seleksi ideologi. Tahap ini yang akan memastikan agar anggota TNI tidak terpapar ideologi komunis.

Baca Juga: Pandangan Haris Pertama Tentang Pengakuan Terbaru Bharada E: Siapakah yang...

Seleksi, kata Mahfud, tidak didasarkan seseorang anak pada keturunan anggota atau simpatisan PKI melainkan pada penerimaannya terhadap dasar ideologi negara.

Ia juga mengatakan, TNI mempunyai alat khusus yang dapat melihat kecenderungan ideologi seseorang dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Baca Juga: Terungkap! Tersangka Baru Tewasnya Brigadir J, Siapakah Dia?

“TNI itu hebat lo, punya alat tes untuk tahu kecenderungan orang itu ke mana. Ada alatnya. Itu ilmiah gitu, melalui uji coba yang lama,” ujar Mahfud.

Namun begitu, pernyataan Mahfud ditanggapi serius oleh warganet. Salah satunya akun @MeneerReno69 yang mengatakan bahwa apa pun yang diungkapkan Mahfud akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah Swt.

“Tetaplah jadi menteri Polhukam putt meski gak bermanfaat.. nunggu angin berhembus wind of change, dan pengen tahu jadi apa akhirnya umat Allah ini yang katanya pinter Agama dan ahli hukum,” ujarnya.

Baca Juga: Terungkap! Tersangka Baru Tewasnya Brigadir J, Siapakah Dia?

Adapun akun @1953Umar merasa aneh dengan kelakuan Mahfud dan Panglima Jenderal Andika. Saat KKB di Papua sedang menyerang, yang diurus oleh mereka berdua adalah PKI.

“Lagi bergolak kkb di papua, yg diurusin pki,” tutur akun tersebut.

Sementara akun @imam_abo mengatakan, bahwa seharusnya Jenderal Andika dan Mahfud bisa belajar dari kasus membelotnya anggota TNI menjadi OPM. Demikian ini bukti bahwa ideologi bisa diturunkan dan tidak pernah akan mati.

“Gak berkaca dari kasus beberapa anggota TNI yg membelot jadi OPM? Itulah bukti kalau ideologi tak akan pernah mati,” ujarnya.

Bagikan