Masuk

Mahfud MD Minta Muhammadiyah Jaga Masjid: Ajaran Salafi dan Wahabi tidak Cocok dengan Kita

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, meminta kepada Muhammadiyah untuk tetap menjaga masjid sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh Indonesia bukan salafi dan wahabi.

Mahfud MD menilai bahwa ajaran Salafi dan Wahabi tidak cocok di Indonesia, sehingga masjid sebagai temoat dakwah harus tetap dirawat dengan nilai Indonesia.

Mahfud MD mengimbau kepada NU dan Muhammadiyah untuk senantiasa menjaga masjid, karena dengan begitu ajaran Salafi dan Wahabi akan tidak mudah memasuki masjid sebagai tempat peribadahan yang sudah dibangun dengan Wasathiyah Islam.

Baca Juga: Sengketa Tanah Marak Terjadi, Mahfud MD: Selesaikan Melalui Jalur Non Litigasi

“Muhammadiyah dan NU jangan sampai kehilangan masjid dan tempat peribadahan yang sudah kita bangun dengan Wasathiyah Islam. Kalau dibangun dengan ajaran Salafi dan Wahabi tidak cocok dengan kita”, kata Mahfud MD, dikutip dari laman Antara, Sabtu 23 April 2022.

Muhammadiyah sebagai organisasi umat Islam kedua terbesar di Indonesia juga diharapkan untuk memperkuat hasil ijtihad tokoh-tokoh Islam Indonesia yang turut serta mendirikan Indonesia dengan Pancasila sebagai dasar negaranya.

Menurut Mahfud MD, negara Indonesia adalah negara Pancasila ‘Darul Ahdi Was-Syahadah’ yang artinya negeri penuh kedamaian dan negeri yang penuh penghayatan.

Baca Juga: Viral Pelajar Tendang Nenek di Tapsel, Mahfud MD Kesal: Anak-anak Itu Sangat Biadab

“Sekarang penekanannya bukan pada alh-ahdi-nya karena itu sudah terjadi, sudah dibuat dalam konstitusi”, terang Mahfud MD.

“Tetapi sekarang syahadahnya, mengisinya bersama berdasarkan kesepakatan dengan penuh kekompakan dan kebersatuan”, imbuhnya.

Dia menyampaikan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi punya tujuan yang tidak hanya fokus pada ibadah sebagai ritual, tatapi juga ibadah sosial.

Dengan begitu, Mahfud MD berhadap Muhammadiyah bersama organisasi masyarakat Islam lain harus memperkuat kesadaran kolektif masyarakat terutama dalam menjaga perdamaian antarkelompok masyarakat.

Baca Juga: Mahfud MD Beri Komentar Terkait Kunjungannya ke Semarang Bertemu Ganjar Pranowo

Dia kemudian menjelaskan bahwa politik uang merupakan salah satu masalah yang berdampak secara sistematik terhadap keutuhan bangsa.

“Tujuan negara itu seharus dikawal bersama. Muhamamdiyah juga punya saham terhadap negara ini. Mari ikut perbaiki, sadarkan rakyat agar saat pemilu tidak pakai transakisi uang”, tandasnya.