Gubernur Sulsel Lepas Peserta Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar

Keseruan Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar

Terkini.id,Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah didampingi Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sulsel, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid melepas peserta karnaval festival Pesona Lokal 2019 yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, Adira Finance.

Khusus di kota Makassar sendiri, gelaran CST yang sudah kali kedua ini diselenggarakan di Lapangan Parkir Phinisi Point (Pipo) Mall Makassar, Sabtu 12 Oktober 2019. Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Rasakan Sensasi Pesona Lokal”.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah didampingi Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sulsel, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid

Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar dimulai pukul 14.00 hingga 21.00 Wita waktu setempat dan diisi dengan serangkaian kegiatan antara lain Parade Karnaval Budaya yang diikuti oleh lebih dari 700 peserta.

Pantauan terkini.id, para peserta menampilkan atraksi kekayaan budaya Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan dan tidak ketinggalan terdapat pula atraksi kekayaan kebudayaan dari Maluku, Papua, Sulawesi Barat, mulai dari baju adat, kuliner, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas lainnya.

Keseruan Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar

Bukan itu saja, Festival Pesona Lokal Makassar 2019 juga diramaikan sejumlah Lomba Tari Lokal Kontemporer yang diikuti sekitar 100 peserta, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media desain tampah bambu dengan jumlah 30 peserta, dan Kompetisi ala Selebgram Lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung. Puncak dari kegiatan pada hari ini adalah penampilan dari Kapal Udara dan Zaskia Gotik.

Para pengunjung Festival Pesona Lokal Makassar juga disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Sulawesi yang inovatif dan kreatif. Area Festival Kuliner dan foodtruck menjajakan berbagai makanan termasuk makanan khas Sulawesi, tidak ketinggalan, terdapat pula area test drive untuk masyarakat yang ingin menjajal kendaraan roda dua dari berbagai merek.

Keseruan Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar

I Dewa Made Susila Direktur Keuangan Adira Finance mengaku sangat senang karena dapat menggelar acara Festival Pesona Lokal untuk kedua kalinya di Makassar dengan meriah.

“Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kearifan lokal yang kita miliki dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” terangnya.

Dijelaskan I Dewa Made bahwa festival Pesona Lokal merupakan program CSR Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah.

Keseruan Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar

“Kami menghadirkan berbagai perlombaan dan hiburan untuk masyarakat. Sebanyak lebih dari 7500 pengunjung memadati parkiran Pipo Mall, yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, dan masyarakat umum ikut ambil bagian dalam memeriahkan Festival Pesona Lokal Makassa,” pungkasnya.

Kegiatan yang dibuka oleh jajaran Direksi Adira Finance, I Dewa Made Susila Direktur Keuangan Adira Finance, Wakil Direktur Marketing Roda Dua Adira Finance Andy Sutanto, Wakil Direktur IT Adira Finance Dodi Yuliarso Soewandi, Kepala Wilayah Area Sulawesi, Maluku dan Papua Adira Finance Nanang Kurniawan, dan Chief Marketing Officer Adira Insurance Wayan Pariama.

Sementara itu, Gubernur Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan, pemerintah propinsi Sulawesi Selatan bangga hati dan terima kasih kepada penyelenggara dan peserta terhadap kearifan lokal yang dihadirkan.

Keseruan Festival Pesona Lokal 2019 di Makassar

“Ini tentunya juga mendukung pariwisata yang ada di daerah Sulawesi Selatan. Insya Allah dua atau tiga tahun ke depan kawasan wisata strategis kita akan hadirkan. Kenapa dua atau tiga tahun ke depan? Karena saat ini kita akan perbaiki konektivitas dulu, infrastruktur dulu,” urainya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga menyampaikan sejumlah potensi wisata yang dimiliki Sulawesi Selatan, seperti Bira, Takabonerate, serta deretan pulau-pulan lainnya.

“Berharap kota Makassar harus selalu jadi kota MICE, tentu kita juga harus siapkan wisata yang dekat agar yang berkunjung bisa menikmati wisata pulau kita. Sehingga kedepan kalau Adira buat event seperti ini lagi akan ada yang berubah,” tutupnya.

Berita Terkait