Masuk

Hacker Bjorka Kini Bocorkan Data Puan Maharani

Komentar

Terkini.id, MakassarHacker Bjorka akhir akhir ini viral di indonesia, bagaimana tidak usai ia membocorkan data mulai dari data surat BIN ke presiden yang sifatnya rahasia, membocorkan data menteri Kominfo Johnny G Platte, kini hacker tersebut di duga juga membocorkan data ketua DPR yakni Luan Maharani.

Tak main main memang apa yang telah di lakukan oleh hacker Bjorka yang kini ramai di bicarakan publik akibat ulahnya yang membongkar data milik negara dan data pejabat negara, seperti di lansir Kumparan com.

Format data pribadinya juga sama dengan rincian tampilan data Johnny dan Semuel. Rincian memuat nama, nomor telepon, alamat, pekerjaan hingga catatan (ID) vaksin.

Baca Juga: Hacker Bjorka Kembali, Data Pribadi Masyarakat Dari MyPertamina Dijual

Di grup Telegram, Bjorka tak cuma membeberkan data Puan. ID Bjorka juga menyinggung soal perayaan ultah Puan Maharani di DPR bersamaan dengan demo penolakan BBM pada Selasa (6/9) lalu.

Bjorka menanyakan bagaimana perasaan Puan berulang tahun di tengah protes demo BBM saat itu.

Bjorka sebelumnya membocorkan data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate di grup Telegramnya, Sabtu 10 September 2022.

Baca Juga: Dituduh Bjorka Belum Booster, Luhut Pandjaitan Bilang Begini

Data yang ditampilkan oleh Bjorka dari sebuah tangkapan layar itu terdiri dari nama, No HP, alamat, NIK, KK, tempat tanggal lahir, pekerjaan, Pendidikan, agama, tipe darah, status perkawinan, status keluarga, nama ayah dan ibu, nama istri, hingga nomor ketiga vaksin milik Menkominfo Johnny G. Plate.

Bjorka mem-posting gambar berisi data tersebut dengan caption “Happy birthday”, yang memang berulang tahun hari ini. Tidak diketahui pasti dari database mana Bjorka memperoleh informasi ini.

Data Semuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo juga tak luput dari perhatian hacker atu ini. Data yang terpampang tersebut meliputi nama lengkap, nomor telepon, NIK, alamat, nomor vaksin hingga nomor KK. Di Twitter, Bjorka juga berani me-mention akun @SPangerapan.

Semuel telah mewanti-wanti siapa saja hacker yang mencoba mencuri data pribadi masyarakat Indonesia, akan terancam hukuman pidana.

Baca Juga: Heboh Kasus Hacker Bjorka, Kementerian Keuangan Siap Menaikan Anggaran BSSN Menjadi Rp624 M

Sanksi tersebut diambil jika perbuatan itu merugikan masyarakat.

Semuel pernah menyebut, usaha negara untuk membangun ruang digital yang lebih maju adalah salah satu upaya agar masyarakat tak dirugikan lagi ke depannya.

Karena itu Semuel memberi ultimatum siapa saja hacker yang telah membobol hingga data-datanya beredar di forum hacker akan berhadapan dengan hukum.

– Herman Safaat