Hairul Anas Diduga Salah Paham soal Materi ‘Kecurangan Bagian dari Demokrasi’

Hairul Anas Suaidi
Hairul Anas Suaidi

Terkini.id, Makassar – Saksi dari pihak BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Hairul Anas Suaidi, sebelumnya membeberkan isi materi tentang ‘Kecurangan adalah Bagian dari Demokrasi’ yang sebelumnya membuat heboh.

Hairul Anas sebelumnya memberi kesaksian terkait apa yang dia lihat ketika mengikuti Pelatihan Training of Trainer (TOT) Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf pada 20-21 Februari di Hotel El Royal, Jakarta.

Di dalam pelatihan tersebut, ada satu slide materi training yang menyebutkan bahwa ‘Kecurangan adalah Bagian dari Demokrasi’.

Pernyataan itu pun dibantah oleh Koordinator Panitia bidang Pelatihan dalam Training of Trainer (TOT) tersebut, yakni Anas Nasikin.

Anas Nasikin bersaksi, bahwa kalimat itu semacam ‘shock therapy’ kepada peserta untuk memulai materi. Bahwa jargon itu ada, namun pada akhir materi kesimpulannya pemilu harus adil, jujur dan tidak ada kecurangan.

Menarik untuk Anda:

Anas juga menjelaskan bahwa slide itu bukan disampaikan oleh Ganjar Pranowo Jenderal (Purn) Moeldoko dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Anas Nasikin, yang membuat slide itu adalah Hasto Kristiyanto, Sekjen PDIP.

Moeldoko dan Ganjar Pranowo juga bukan hadir sebagai pejabat, tetapi sebagai tim TKN Jokowi-Ma’ruf.

“Kan sudah jelas dia katakan bahwa Pak Moeldoko sama sekali tidak menggunakan slide, itu jelas sekali. Ganjar juga bukan bicara sebagai gubernur, dia bicara sebagai orang PDIP, senior PDIP lah dan dia hadir di situ memberikan motivasi. Jadi dia katakan siapa itu Pak Hasto juga hadir, tetapi Pak Hasto tidak ada jabatan apapun, cuma dia katakan pembesar PDIP yang jelas Sekjen PDIP,” tegas Ketua Tim Hukum TKN Yusril Ihza Mahendra menegaskan.

‘kecurangan adalah bagian dari demokrasi’ itu semacam suatu shock yang disampaikan agar peserta kaget. Apalagi, jelas Yusril, Anas juga menjelaskan kecurangan selalu terjadi dalam hampir setiap pemilu. Karena itu harus diantisipasi sebaik-baiknya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ingin Keluar Kota, Warga Sulsel Bisa Rapid Tes Gratis di Dua Tempat ini

Ini Lokasi Rapid Test Gratis Bagi Warga Makassar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar