Masuk

Harapan Jokowi dalam Acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan harapannya saat berpidato dalam acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Presiden Jokowi diketahui membuka acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo pada Sabtu 19 November 2022.

Dalam acara tersebut, Jokowi juga memberikan amanat yang disampaikan melalui pidatonya. Jokowi menyinggung soal ekonomi global, perang Rusia-Ukraina, dan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ibu Eliezer Minta Tolong ke Presiden: Tolong Bapak, Kami Merasa Tidak Ada Keadilan Untuk Icad

Dia berharap Muhammadiyah dan Aisyiyah mampu berperan dalam menyebarkan Islam yang penuh dengan nilai toleransi.

Jokowi juga berharap Muhammadiyah dan Aisyiyah mampu menjadi perdamaian sesuai dengan ajaran Islam.

“Melalui lembaga pendidikan ini, saya mengharapkan peran sentral Bapak Ibu sekalian untuk terus menyebarkan Islam yang berkemajuan, Islam yang penuh dengan nilai-nilai toleransi, Islam yang menjaga persatuan, Islam yang menjaga persaudaraan dan perdamaian sesuai dengan ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam,” kata Jokowi.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Hadiri Rakornas, Presiden Jokowi Ingatkan Kebijakan Berbasis Data

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyinggung ketergantungan manusia pada alam yang sangat tinggi. Dia berharap dengan isu tersebut Muhammadiyah dan Aisyiyah dapat membantu menjaga kelestarian alam.

“Saya mengharapkan bantuan Bapak Ibu semuanya selain habluminallah (hubungan dengan Allah) dan juga habluminannas (hubungan dengan sesama manusia). Yang menekankan pentingnya pelestarian alam dan kelestarian lingkungan,” ucap Jokowi.

Jokowi kemudian mengakhiri pidatonya dan secara resmi membuka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan dirinya optimistis Indonesia dapat tumbuh maju di tengah dunia yang suram terutama dengan adanya kerjasama seluruh elemen bangsa termasuk keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Baca Juga: Forkopimda Sulsel Hadiri Rakornas, Syahar: Jokowi Ingatkan Ancaman Resesi Ekonomi

Jokowi menilai Muhammadiyah dan Aisyiyah memiliki peran dalam penanganan pandemi covid-19 khususnya saat Muhammadiyah menggerakan lebih dari 120 rumah sakit dan 235 klinik kesehatan.

Di samping itu, Muhammadiyah juga mengedukasi hingga memberikan vaksin kepada masyarakat. Sementara Jokowi juga mengapresiasi kontribusi Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam sektor pendidikan.

Presiden Jokowi saat membuka acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo pada Sabtu 19 November 2022. [YouTube Kompas.com]

Jokowi merasa terhormat dapat hadir dan bersilaturahmi dengan para kader Muhammadiyah dan Aisyah. Dia mengaku lantaran rasa hormatnya kepada Muhammadiyah, Jokowi memilih pulang lebih awal dari KTT APEC di Thailand yang seharusnya selesai pada Sabtu sore ini, dikutip dari kanal YouTube Kompas.com pada Sabtu 19 November 2022.