Hoax atau Fakta? Pria Pakai Pin PKI di Lokasi Debat Capres Viral

Terkini.id, Makassar – Sebuah foto yang menunjukkan seorang pria menggunakan topi dan pin berlogo palu arit viral di media sosial.

Dari berbagai postingan yang beredar, diketahui pria tersebut menggunakan topi hitam, dengan logo palu arit yang menempel di topinya.

https://twitter.com/WajahMuslim17/status/1112477791562293248

Baca Juga: Nasib! Pernah Diperjuangkan Habib Rizieq, Anies dan Prabowo tak Diprioritaskan...

Pria tersebut terlihat menggunakan pakaian pendukung Capres-Cawapres 02, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Dikabarkan, pria tersebut berada di di lokasi debat kandidat Capres yang berlangsung di Hotel Shangri-la, Sabtu malam 30 Maret 2019.

Baca Juga: UAS Pernah Dukung Prabowo: Saya Bayar Pakai Bully dan Kebencian

Meskipun belum ada klarifikasi resmi terkait siapa pria tersebut dan validitas fotonya, Terkini.id menghimpun beberapa analisa dari sejumlah netizen..

1. Diduga Penggabungan Gambar

Beberapa netizen menyebarkan meme yang menunjukkan foto tersebut editan.

Baca Juga: UAS Pernah Dukung Prabowo: Saya Bayar Pakai Bully dan Kebencian

Meme tersebut tersebar dengan narasi: ‘yang selalau siap digoreng dadakan di mobil hp hangat-hangat. Klarifikasi itu penting’.

Meme itu menunjukkan foto asli pria itu tanpa menggunakan pin. Meski begitu, meme ini belum cukup membuktikan, karena foto ‘tanpa pin’ itu belum bisa dipastikan keasliannya tanpa ada klarifikasi resmi.

“Gambar pin seperti itu bisa saja diedit/dihapus pakai Photoshop. Apalagi layernya cuma hitam polos,” tulis akun @Redyu12.

Hal itu karena, foto lainnya dengan kondisi goyang menunjukkan pria tersebut tetap memakai pin:

2. Kelihatan Seperti Dipotong

Netizen lain menyebut, foto itu seperti hasil crop atau penggabungan gambar.

“Kayak editan nih coz udh aku zoom tuh di pinggir gambarnya ada kayak habis cropan editing foto,” tulis akun @solihin_chubath di chirpstory.

3. Pencahayaan Berbeda

Ada juga netizen yang menganalisa dengan mengkonversi warna gambar. Menurut netizen tersebut, kelihatan jika foto tersebut diedit.

Hingga saat ini, belum ada klarifikasi resmi terkait siapa pria tersebut, dan apakah benar editan. Kita tunggu saja kebenarannya.

Bagikan