Hussam Dueremae: Doktor ketiga dari Thailand yang Dihasilkan UIN Alauddin

Terkini.id, Gowa – Tepat pada 25 Juni 2019, Hussan Dueremae, mahasiswa Thailand, berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul model pengelolaan lembaga pendidikan Islam di negara minoritas muslim (studi pada madrasah mulnithi azistan di pattani thailand) di hadapan 9 penguji.

Hussam yang lahir di Provinsi Yala, Thailand selatan, menjadi doktor ketiga dari Thailand yang dicetak UIN Alauddin Makassar. 2 doktor sebelumnya yaitu Dr Muhammadlutfi telah berkarir sebagai dosen di Fatoni University, dan Dr Jarini Maha telah bekerja sebagai salah satu pegawai di komisi pendidikan Thailand. Hal ini berarti alumni UIN di luar negeri juga mendapat pengakuan dari berbagai lembaga.

Beberapa tahun terakhir ini, UIN Alauddin Makassar memang semakin banyak dilirik oleh dunia luar, khususnya yang ingin melanjutkan studinya di UIN Alauddin Makassar. Menurut Ketua international office, Dr Muhaemin Latif, yang menangani urusan mahasiswa asing, dan sempat menghadiri ujian promosi Hussam, mengatakan bahwa mahasiswa international UIN Alauddin Makassar tdk hanya dari Thailand, tetapi juga dari Irak, Sudan dan Syria.

ke depan, menurut Muhaemin, UIN akan semakin melebarkan sayapnya ke negara negara lain dalam penerimaan mahasiswa asing, tidak hanya dari Asia Tenggara.

Berita Terkait