HUT ke-27 RS Wahidin Sudiro Husodo, Iqbal Bicara Soal Sistem Artificial Intelligence

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb menghadiri tudang sipulung yang diselenggarakan Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo.

Kehadiran Iqbal di rumah sakit terbesar di kawasan Indonesia timur tersebut dalam rangka menyambut ulang tahun RS Wahidin Ke- 27 tahun.

Iqbal juga didaulat pihak manajemen RS Wahidin untuk tampil sebagai narasumber bersama dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif, bertempat di Auditorium PJT Lt 7 RSUP Wahidin Sudiro Husodo, Jumat, 13 Maret 2020.

Baca Juga: ASN Pemkot Makassar Dilarang Cuti Seiring dengan Pergeseran Peringatan Maulid...

Kegiatan tudang sipulung mengangkat tema “Persepsi dan Harapan Mereka Tentang RSUP DR Wahidin Sudiro Husodo”.

Menurut Iqbal, pada usia ke 27 tahun, RS Wahidin Sudiro Husodo telah mengalami kemajuan begitu pesat, baik dari segi pelayanan, sarana dan prasarana yang sudah modern, serta sumber daya manusia.

Baca Juga: Pelbagai Kalangan Soroti Penggunaan GeNose untuk Siswa di Makassar

“Sisanya adalah tinggal bagaimana RS meningkatkan pelayanannya, dengan mengoptimalkan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin. Harus juga disertai dengan fungsi sosialnya,” kata dia.

Di era industri 4.0 saat ini, universal coverage itu menjadi hal yang sangat penting dan mendominasi. Menurut Iqbal, dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan dibutuhkan berbagai macam inovasi untuk mengantisipasi tantangan ke depan.

Salah satunya adalah mengoptimalkan fungsi Internet dengan menggunakan sistem artificial intelligence.

Baca Juga: Pelbagai Kalangan Soroti Penggunaan GeNose untuk Siswa di Makassar

“Rumah Sakit harus memiliki artificial intelligence untuk memudahkan pihak rumah sakit memperoleh berbagai informasi, baik itu data-data rumah sakit maupun data-data seorang pasien,” ungkapnya.

Dengan adanya sistem tersebut, Iqbal mengatakan, akan membuat pihak RS Wahidin terus bertahan dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan.

Sementara, Direktur Utama RS Wahidin, Khalid Saleh, mengatakan sejak didirikan pertama kali pada tahun 1993, RS Wahidin Sudiro Husodo merupakan rumah sakit rujukan pertama di Sulawesi Selatan.

Sampai tahun 2019 RS Wahidin sudah menjadi pusat layanan observasi kesehatan yang memiliki berbagai peralatan canggih.

“Kami berharap dengan diadakannya tudang sipulung pihak nara sumber ini dapat memunculkan harapan serta ide-ide baru bagi pihak rumah sakit sehingga dapat terwujud tujuan strategis RS 2020 – 2024,” ucapnya.

Hadir dalam tudang sipulung ini diantaranya Kadis DP3 Kota Makassar Tenri A Palallo, Camat Tamalanrea Kaharuddin Bakti, serta seluruh jajaran manajemen RS Wahidin Sudiro Husodo.

Bagikan