ILPS Chapter Indonesia Menentang Provokasi Perang AS Terhadap Iran

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Logo ILPS Chapter Indonesia

Terkini.id,Jakarta International League of People Struggel (ILPS) atau Liga Internasional Perjuangan Rakyat Chapter Indonesia merilis pernyataan resmi terkait konflik AS-Iran yang kembali memanas belakangan ini.

Pernyataan resmi tersebut dikeluarkan oleh Ketua ILPS Chapter Indonesia, Rudi HB Daman dan dipublikasikan melalui laman facebook ILPS Indonesia pada Sabtu, 25 Januari 2019.

Dalam pernyataan tersebut, ILPS Chapter Indonesia menilai bahwa Amerika Serikat (AS) yang dipandang sebagai negara imperialis terus membawa masalah terhadap rakyat dunia, terutama di wilayah Timur Tengah akibat kebijakan agresi yang terus melahirkan konflik bersenjata.

AS juga dinilai terus memprovokasi rakyat di berbagai belahan dunia bahwa wilayah Timur Tengah termasuk Iran sebagai sarang teroris.

Sementara Rakyat di Republik Iran terus mengalami penderitaan dan terus dirugikan akibat kebijakan dan sanksi ekonomi yang diberikan oleh AS beserta sekutunya sebagai upaya untuk menaklukkan Iran.

Pamflet kampaye ILPS Chapter Indonesia dalam menentang provokasi perang AS terhadap Iran [Sumber : Laman Facebook ILPS Indonesia]

ILPS Indonesia menilai bahwa justru AS adalah pihak yang melahirkan terorisme di dunia, sekaligus teroris nomor satu di dunia dengan melalui serangkaian tindakan invasi dan agresi, serta serangan brutal yang melanggar kedaulatan nasional berbagai negara di dunia, utamanya negara-negara yang berada di Timur Tengah seperti Iran.

Selain itu, ILPS Indonesia menilai bahwa serangan yang dilakukan oleh AS dibawah perintah Donald Trump terhadap Iran beberapa waktu lalu berpotensi menimbulkan konflik yang semakin luas dan masif, bahkan dapat menimbulkan perang dalam skala global yang dapat menyeret berbagai negara di Timur Tengah.

ILPS Indonesia berpandangan bahwa rakyat dunia harus diarahkan untuk menyadari bahwa AS merupakan teroris global yang terus melakukan provokasi perang terhadap berbagai negara berdaulat di dunia, sehingga dengan itu rakyat dunia dapat bangkit menentang semua kebijakan AS yang menyengsarakan rakyat di berbagai belahan dunia.

Termasuk berjuang untuk mengusir AS beserta sekutunya dari Timur Tengah dan tidak lagi melakukan upaya provokasi perang terhadap negara berdaulat seperti Republik Iran.

Lebih jauh, ILPS Indonesia menilai bahwa rakyat Indonesia sendiri tidak lepas dari dominasi AS melalui apa yang disebutnya sebagai borjuasi besar komprador, dan tuan tanah besar yang ada dalam negeri.

Dominasi tersebut dilihat melalui pengesahan berbagai kebijakan seperti kran investasi dan utang yang dibuka lebih luas, fasilitas investasimelalui perundang-undangan seperti Cipta Lapangan Kerja (Omnibus Law), pelemahan kebebasan berorganisasi dan berpendapat, pencabutan subsidi berbagai layanan publik, dan sebagainya.

Dalam peryataan tersebut ILPS Chapter Indonesia mengajak rakyat di Indonesia untuk mendukung perjuangan anti imperialisme, termasuk provokasi perang yang dilakukan AS demi kepentingan dominasi dan hegemoninya di Timur Tengah maupun di kawasan lainnya.

Kampanye yang dilakukan ILPS Indonesia ini dalam rangka menentang provokasi perang yang dilakukan AS merupakan kampanye global yang terkoordinasi dengan jaringan ILPS di berbagai negara.

Melalui pernyataan ini juga yang merubakan bagian dari kampanye global, ILPS Indonesia menuntut agar AS meninggalkan Iran dan Timur Tengah, penghentian provokasi perang oleh AS terhadap berbagai negara berdaulat di dunia, mendukung perjuangan rakyat di dunia dalam menentang dominasi AS maupun pemerintahan yang berada dibawah dominasi AS, serta menuntut pemerintahan Jokowi untuk menghentikan seluruh kerja sama dengan AS yang dipandang terbukti menyengsarakan rakyat Indonesia.

Komentar

Rekomendasi

Sebanyak 453 Peserta Ikuti Seleksi Tingkat Nasional PRISMA ’20 Unismuh Makassar

Gakkum KLHK Tangkap Pelaku Perusakan Hutan Lindung Sei Hulu Lanjai

Peduli Penghijauan Pantai, Polri Gelar Tanam Mangrove dan Tebar Benih Ikan

Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial dan Hutan Adat untuk Rakyat Riau

TN Baluran ‘Africa Van Java’ di Ujung Pulau Jawa

KLHK: Indonesia Memasuki Era Baru Pengelolaan Sampah

Rapat Ortu dan Guru SMPN 14 Makassar, Ini yang Dibahas

Telah Hadir di Makassar, KAF Makassar Gelar Kajian Parenting

Eksotisme Pohon Bu’ne yang Semakin Langka

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar