Imbas Kekacauan di Amerika Serikat, Obama Wacanakan Reformasi

Terkini.id, Jakarta – Peristiwa ‘pembunuhan’ George Floyd oleh polisi menarik simpati banyak pihak. Tidak terkecuali Mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Dia ikut sedih dengan peristiwa pembunuhan George Floyd yang menimbulkan dampak kerusuhan di AS.

Mengutip dari akun twitter dan blog Barrack Obama, peristiwa ini membuat jutaan orang di seluruh negara bagian Amerika turun ke jalan dan menyuarakan pendapat mereka.

“Saya telah mendengar banyak yang bertanya bagaimana kita dapat mempertahankan momentum untuk membawa perubahan nyata,” kata Obama, Minggu 1 Juni 2020.

“Pada akhirnya, akan tergantung pada generasi baru aktivis untuk membentuk strategi yang paling sesuai dengan zaman. Tetapi saya ingin menyoroti beberapa pelajaran dasar dari upaya masa lalu yang patut diingat,” tuturnya.

Selengkapnya, berikut pernyataan sikap Barrack Obama:

Menarik untuk Anda:

Protes mewakili frustrasi yang asli dan sah atas kegagalan selama puluhan tahun untuk mereformasi praktik kepolisian dan sistem peradilan pidana yang lebih luas.

Kita harus mengutuk segelintir orang yang melakukan kekerasan, bukan mayoritas besar yang pantas mendapatkan rasa hormat dan dukungan kita.

Titik protes adalah untuk meningkatkan kesadaran publik, untuk menyoroti ketidakadilan, dan untuk membuat kekuatan yang tidak nyaman.

Tetapi pada akhirnya, kami harus menerjemahkan aspirasi-aspirasi itu ke dalam undang-undang dan praktik kelembagaan tertentu.

Selain itu, penting bagi kita untuk memahami tingkat pemerintahan mana yang memiliki dampak terbesar pada sistem peradilan pidana dan praktik kepolisian kita.

Ketika kita berpikir tentang politik, banyak dari kita hanya fokus pada kepresidenan dan pemerintah federal.

Dan ya, kita harus berjuang untuk memastikan bahwa kita memiliki presiden, Kongres, Departemen Kehakiman A.S., dan pengadilan federal yang benar-benar mengakui peran korosif yang sedang berlangsung yang dimainkan rasisme dalam masyarakat kita dan ingin melakukan sesuatu tentang hal itu.

Tetapi pejabat terpilih yang paling penting dalam mereformasi departemen kepolisian dan sistem peradilan pidana bekerja di tingkat negara bagian dan lokal.

Seorang pria terekam dalam foto sedang menghancurkan sebuah bank di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Namun, dalam foto itu terlihat sebuah tato bergambar kepulauan Indonesia di tangan kanannya. (Instagram @rainsfordthegreat)

Walikota dan eksekutif daerahlah yang menunjuk sebagian besar kepala polisi dan menegosiasikan perjanjian perundingan bersama dengan serikat polisi.

Pengacara distrik dan pengacara negara yang memutuskan apakah akan menginvestigasi dan akhirnya mendakwa mereka yang terlibat dalam pelanggaran polisi.

Itu semua adalah posisi yang dipilih. Di beberapa tempat, dewan peninjau polisi dengan kekuatan untuk memantau perilaku polisi juga dipilih.

Sayangnya, jumlah pemilih dalam ras lokal ini biasanya sangat rendah, terutama di kalangan anak muda yang tidak masuk akal mengingat dampak langsung dari kantor-kantor ini terhadap masalah keadilan sosial, belum lagi fakta bahwa siapa yang menang dan yang kehilangan kursi itu sering ditentukan hanya dengan beberapa ribu, atau bahkan beberapa ratus, suara.

“Untuk melakukan itu, kita harus mengetahui level pemerintahan mana yang memiliki dampak terbesar. Mengubah pemerintah federal itu penting. Tetapi pejabat terpilih yang paling penting dalam mereformasi departemen kepolisian dan sistem peradilan pidana bekerja di tingkat negara bagian dan lokal,” ujar Obama.

Jadi intinya adalah, jika kita ingin membawa perubahan nyata, maka pilihannya bukan antara protes dan politik. Kita harus melakukan keduanya.

Kami harus memobilisasi untuk meningkatkan kesadaran, dan kami harus mengatur dan memberikan suara kami untuk memastikan bahwa kami memilih kandidat yang akan bertindak atas reformasi.

Akhirnya, semakin spesifik kita dapat mengajukan tuntutan untuk peradilan pidana dan reformasi polisi, semakin sulit bagi pejabat terpilih untuk hanya menawarkan layanan (janji belaka) namun ketika ada masalah pejabat ini memilh pergi.

Isi dari agenda reformasi itu akan berbeda untuk berbagai komunitas.

Kota besar mungkin membutuhkan satu set reformasi; sebuah komunitas pedesaan mungkin membutuhkan komunitas lain.

Beberapa lembaga akan memerlukan rehabilitasi grosir; yang lain harus melakukan perbaikan kecil.

Setiap lembaga penegak hukum harus memiliki kebijakan yang jelas, termasuk badan independen yang melakukan investigasi atas dugaan pelanggaran.

Menyesuaikan reformasi untuk setiap komunitas akan membutuhkan aktivis dan organisasi lokal untuk melakukan penelitian dan mendidik sesama warga di komunitas mereka tentang strategi apa yang paling berhasil.

Jadi jika kita ingin membawa perubahan nyata, pilihannya bukan antara protes dan politik – kita harus melakukan keduanya.

Kami harus memobilisasi untuk meningkatkan kesadaran, dan kami harus mengatur dan memberikan suara kami untuk memastikan bahwa kami memilih kandidat yang akan bertindak atas reformasi.

Semakin spesifik kita dapat mengajukan tuntutan untuk peradilan pidana dan reformasi polisi, semakin sulit bagi pejabat terpilih untuk hanya menawarkan layanan bibir untuk penyebabnya dan kemudian kembali ke bisnis seperti biasa begitu protes telah pergi.

Tetapi sebagai titik awal, inilah laporan dan perangkat yang dikembangkan oleh Konferensi Kepemimpinan tentang Hak Asasi Manusia dan Hak Asasi Manusia dan berdasarkan pada kerja Satuan Tugas Pemolisian abad 21 yang saya bentuk ketika saya berada di Gedung Putih.

Dan jika Anda tertarik untuk mengambil tindakan nyata, kami juga telah membuat situs khusus di Yayasan Obama untuk mengumpulkan dan mengarahkan Anda ke sumber daya dan organisasi yang bermanfaat yang telah berjuang demi perjuangan yang baik di tingkat lokal dan nasional selama bertahun-tahun.

Saya menyadari bahwa beberapa bulan terakhir ini sulit dan membuat putus asa – bahwa ketakutan, kesedihan, ketidakpastian, dan kesulitan pandemi Covid-19 telah diperparah oleh pengingat tragis bahwa prasangka dan ketidaksetaraan masih membentuk begitu banyak kehidupan Amerika.

Tetapi menyaksikan aktivisme yang meningkat dari kaum muda dalam beberapa minggu terakhir, dari setiap ras dan setiap stasiun, membuat saya berharap.

Jika, ke depan, kita dapat menyalurkan kemarahan kita yang dapat dibenarkan ke dalam tindakan yang damai, berkelanjutan, dan efektif, maka saat ini dapat menjadi titik balik yang nyata dalam perjalanan panjang bangsa kita untuk menjalani cita-cita tertinggi kita.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bersenjata, Brimob Batalyon A Pelopor Kawal Pemakaman Jenazah Covid-19

Menko PMK Bantah Pernyataan Menag Soal Masjid Istiqlal Dibuka untuk Salat Idul Adha

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar