Lukisan Pablo Picasso Dilelang di Amerika Serikat, Harganya Selangit!

Terkini.id, Jakarta – Pada Selasa, 17 Mei 2022 lalu, rumah lelang Sotheby di New York, Amerika Serikat berhasil melelang lukisan karya Pablo Picasso dengan harga yang fantastis. Lukisan dengan judul ‘Femme nue couchee’ tersebut terjual dengan harga USS 67,5 juta atau setara dengan RP 990 miliar.

Lukisan miliki Picasso dengan penggambaran surealistik tersebut terinspirasi dari Marie-Therese Walter yang merupakan kekasih gelap Picasso. 

Seminggu sebelumnya, lukisan karya Andy Warhol tahun 1964 tentang Marilyn Monroe telah laku terjual dengan harga USS 195 juta di balai lelang Christie. 

Baca Juga: Mahkamah Agung Membatalkan Nilai Hak Aborsi, Billie Eilish: Hari yang...

Dilansir dari akun Instagram @cnbcindonesia, lukisan Pablo Picasso berjudul ‘Femme nue couchee’ tersebut memiliki arti “Wanita Telanjang Berbaring” dalam bahasa Prancis.

Lukisan tersebut diartikan sebagai gambaran makhluk laut yang memiliki banyak kaki dengan kepala yang dimiringkan ke belakang.

Baca Juga: Ternyata Sunat Juga Umum Bagi Orang Amerika

Pablo Picasso merupakan seorang seniman asal Spanyol yang lahir pada 25 Oktober 1881 dan meninggal pada 8 April 1973. Picasso melahirkan karya lukis bertemakan atau beraliran surealistik.

Diceritakan bahwa Marie-Therese Walter dan Pablo Picasso menjalin hubungan terlarang ketika Picasso masih memiliki hubungan perkawinan dengan Olga Khokhlova yang merupakan seorang penari balet Rusia-Ukraina.

Mereka memiliki perbedaan usia yang cukup jauh, saat itu Marie-Therese berusia 17 tahun dan Picasso berusia 45 tahun. Pertemuan mereka di Paris melahirkan karya-karya lukisan dan patung yang terinspirasi dari tubuh Marie-Therese.

Baca Juga: Ternyata Sunat Juga Umum Bagi Orang Amerika

Picasso dan Marie-Therese bahkan memiliki seorang anak peremppuan bernama Maya Widmaier-Picasso. 

Diketahui bahwa lukisan tersebut didapat dari ahli waris Picasso pada 2008 dan lukisan tersebut telah disimpan selama beberapa dekade. 

Bagikan