Ingat Suroto Peternak yang Protes saat Kunjungan Jokowi? kini Dikirimi 20 Ton Jagung

Terkini.id, Jakarta – Ingat berita tentang Suroto? Ya, peternak yang sempat viral karena pasang poster bernada protes saat kunjungan Presiden Jokowi itu mendapat rezeki.

Peternak ayam petelur di Blitar, Jawa Timur  kini benar-benar mendapatkan hasil dari aksi nekatnya itu. 

Setelah diundang ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi, kini Suroto mendapat kiriman jagung sebanyak 20 ton. 

Baca Juga: Jokowi Ngeluh Jagung Masih Impor, Susi Pudjiastuti Usul: Bubarkan Departemen...

Jagung tersebut rupanya dikirim langsung oleh Presiden Jokowi.

Dua truk jagung kiriman dari Jokowi tiba di gudang pakan milik Suroto di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Blitar yang berjarak 25 kilometer di selatan Kota Blitar, Senin 20 September 2021 sekitar pukul 9.15 WIB.

Baca Juga: Jokowi Sebut Tanam Jagung Bisa dimanapun ‘Kenapa Masih Impor’, Susi...

Jagung pemberian Jokowi kepada Suroto selaku pribadi itu diantar langsung oleh tiga orang yang mengaku sebagai staf pribadi Jokowi.

aJumlahnya 20 ton. Kami beli dari Jawa Tengah dan langsung dibawa ke sini,” ujar Tommy Agustinoval, salah satu staf pribadi Jokowi dikutip dari kompascom, Senin.

Tommy mengatakan, dirinya dan dua staf pribadi Jokowi yang lain ditugaskan untuk mengawal dan memastikan jagung untuk Suroto tiba hari ini.

Baca Juga: Jokowi Sebut Tanam Jagung Bisa dimanapun ‘Kenapa Masih Impor’, Susi...

Usai diminta menandatangani tanda terima, Suroto bersama tiga staf pribadi Jokowi memeriksa jagung tersebut.

“Bagus ini. Tingkat kekeringannya juga bagus,” kata Suroto sembari menimang-nimang jagung dari beberapa karung yang diturunkan dari kedua truk tersebut.

Suroto menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas kiriman jagung tersebut.

Menurutnya, Jokowi telah bertindak cepat dengan memerintahkan staf pribadinya mengirimkan pemberian jagung untuk dirinya.

“Terima kasih perhatian dan apresiasi bapak presiden yang begitu cepat ya. Bapak Presiden langsung mengutus sekretaris kepresidenan, sekretaris pribadi bapak presiden untuk memastikan jagung untuk saya,” ujarnya.

Satu jam sebelum kedatangan dua truk jagung pemberian Jokowi, satu truk tronton juga tiba di gudang pakan milik Suroto.

Suroto sempat menduga truk tronton tersebut membawa jagung kiriman dari Jokowi untuk dirinya.

Namun ia kemudian menelepon seseorang yang memberitahukan bahwa truk besar itu bukan truk yang membawa jagung untuk dirinya pribadi.

Jagung sebanyak 30 ton itu ternyata jagung kiriman dari Kementerian Pertanian yang hendak dijual ke para peternak di Blitar dengan harga Rp 4.500.

Hal itu merupakan bagian dari hasil pertemuan dengan Jokowi di Jakarta dengan sejumlah peternak ayam termasuk Suroto.

Ketika itu, Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk menyediakan 30.000 ton jagung bagi peternak ayam dengan harga di bawah harga pasar, yaitu Rp 4.500 per kilogram.

Baca juga: Diundang ke Istana Negara, Suroto: Satu-satunya Orang yang Bisa Nolong Peternak Ya Pak Jokowi

“Kami sangat mengapresiasi Pak Jokowi juga begitu cepat menginstruksikan menterinya untuk mengirimkan jagung bagi peternak ayam di Blitar,” tambah Suroto.

Isu jagung menjadi perhatian Jokowi setelah insiden aksi Suroto membentangkan poster ke arah Jokowi saat berkunjung ke Kota Blitar pada Selasa 7 September 2021.

Poster itu berbunyi “Pak Jokowi Tolong Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar. Telur Murah”.

Karena aksinya, Suroto digelandang ke Polres Blitar Kota dan menjalani pemeriksaan.

Namun sepekan kemudian, Rabu 15 September 2021. Jokowi mengundang dirinya bersama peternak lain ke Istana Kepresidenan di Jakarta.

Bagikan