Masuk

Ingin Mengecilkan Perut Buncit ? Lakukan Olahraga Ini Jika Ingin Punya Perut Rata yang Sehat dan Indah

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Jakarta – Memiliki perut yang buncit tidak hanya menurunkan rsa percaya diri tapi ternyata juga memiliki resiko kesehatan yang serius. Lakukan olahraga ini, jika ingin mengecilkan perut buncit menjadi perut rata yang sehat dan indah.

Penyebab utama terjadinya perut yang buncit adalah terjadinya penumpukan lemak diareh perut, baik di bawah kulit maupun di rongga perut. Rongga perut adalah daerah di sekitar organ dalam perut.

dilansir dari alodokter.com, Penumpukan lemak ini disebabkan karena jumlah kalori yang berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh seseorang melebih jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh.

Baca Juga: Ingin Hilangkan Lemak di Perut Tapi Tak Ada Waktu Olahraga, Coba 6 Minuman Ini

Perut yang buncit juga dapat menyebabkan berat badan berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan hipertensi.

Dengan berolahraga kalori akan berhasil dibakar oleh tubuh dan menghasilkan energi sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak.

Berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut :

Baca Juga: Waspada, Perut Makin Buncit, Maka Penis Pria Makin Kecil

1. Jogging : lakukan olahraga ini selama 20-30 menit dan setiap 3-5 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit.

2. Berenang : selain mengecilkan perut, berenang juga baik untuk memelihara kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, meredakan stres, dan memperbaiki kualitas tidur.

3. Senam aerobik dan zumba : juga baik untuk memperkuat sendi dan tulang, memperbaiki mood, dan meredakan stres.

4. Yoga dan pilates : juga membuat tubuh lebih sehat, berenergi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres

Baca Juga: Punya Perut Buncit? Coba Lakukan Hal Ini Anti Ribet Versi Anak Rumahan

Berikut beberapa olahraga yang bisa di lakukan untuk mengencangkan otot perut

1. Sit-up : Berbaringlah di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali (1 set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari.

2. Crunches : Berbaringlah di lantai dengan posisi tubuh seperti hendak sit up, namun letakkan tangan di paha. Kemudian angkat kepala dan bahu hingga setinggi kurang lebih 8 cm dari lantai, sambil menghembuskan napas. Tahan selama selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan setidaknya 10-20 kali.

3. Plank : Latihan ini diawali dengan posisi tubuh lurus menghadap lantai (telungkup), lengan di samping badan dan siku tertekuk. Setelah itu, kencangkan otot perut dan angkat badan dengan bertumpu pada lengan bawah dan jari kaki. Pastikan kepala, punggung, hingga tumit berada dalam satu garis lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.

Baiknya jangan melakukan olahraga di atas secara berlebihan dan bila dirasa perlu ada baiknya juga konsultasikan kepada trainer olahraga profesioal maupun dokter untuk mendapatkan solusi terbaik seperti pengaturan diet, olahraga, maupun obat-obatan.

Semoga berhasil.