Ini Penyebab Mengapa Perut Pria Bisa Berubah Buncit Setelah Menikah

Buncit
Perut pria berubah buncit setelah menikah. (Foto: hellosehat)

Terkini.id – Sebagian besar masyarakat, khususnya  kaum pria mempercayai bahwa perutnya akan berubah menjadi buncit setelah menikah. Perut buncit atau diistilahkan dengan sebutan “dad body” menggambarkan kondisi tubuh pria yang makin mirip “bapak-bapak”.

Lalu mengapa perubahan itu bisa terjadi? Dilansir dari laman kesehatan, klikdokter, hal tersebut sudah pernah diteliti oleh sebuah jurnal kesehatan Families, Systems & Health.

Para pakar dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa salah satu alasan perut pria membuncit setelah menikah karena mereka cenderung merasa lebih nyaman dengan gaya hidup dan penampilan mereka setelah menikah.

Sedangkan pria lajang akan memilih menghabiskan waktu lebih banyak untuk tampil prima.

Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan pola makan, aktivitas fisik, dan berat badan antara pria yang sudah menikah dan yang belum menikah.

Hasilnya, pria yang sudah menikah memiliki kemungkinan 25% lebih tinggi untuk menjadi gemuk dibandingkan pria yang masih lajang.

Waktu olahraga berkurang

Buncit
Perut buncit. (Foto: iradiofm)

Penelitian lain di tahun 2013 yang mempelajari 160 pasangan suami istri juga menyebutkan bahwa semakin nyaman seseorang dalam hubungannya, semakin tinggi pula peningkatan berat badan yang dialami.

Di samping itu, pria yang berkeluarga secara otomatis memiliki kewajiban finansial yang lebih tinggi. Karena tidak hanya harus membiayai diri sendiri, namun juga keluarganya.

Dengan meningkatnya tanggung jawab tersebut, waktu yang tersisa bagi pria untuk berolahraga menjadi berkurang. Pola makan pun menjadi tidak teratur.

Kurangnya aktivitas fisik dan ketidakseimbangan nutrisi juga dapat menjadi faktor penyebab membuncitnya perut pria setelah menikah.

Namun penelitian tersebut juga menyarankan kepada para pria yang sudah menikah agar dapat menjaga kondisi tubuhnya, sebab peningkatan berat badan dapat menimbulkan terjadinya beragam penyakit seperti obesitas, serangan jantung, dan diabetes.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ragam

4 Tips Atasi Kecanduan Game Online Pada Anak

Terkini.id - Masa anak-anak merupakan masa yang menyenangkan dan biasa juga disebut masa transisi, dimana pada masa tersebut anak-anak bermain sambil belajar.Bermain game online