Inovasi Personel Brimob di Tengah Pandemi: Budidaya Tanaman Aquaponik

Terkini.id, Makassar – Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan semakin konsisten mengembangkan inovasi di bidang pertanian.

Hal ini diwujudkan dengan pengembangan metode tanam aquaponik.

Yaitu sistem budidaya ikan dan tanaman dalam sebuah ekosistem yang saling menguntungkan. Atau dengan kata lain adalah sistem dimana ikan dan tanaman tumbuh bersama secara simbiotik.

Baca Juga: Komandan Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Berganti, Selamat...

Aiptu Soalihin adalah Perwira Administrasi (Pamin) Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang mengembangkan metode aquaponik ini. Membuat kolam ikan yang berlokasi di Mako Kompi 3 Batalyon A Pelopor.

Lahan yang sebelumnya tidak digunakan, dimanfaatkan menjadi lokasi budidaya aquaponik.

Baca Juga: Dikawal Brimob, Puluhan Ribu Dosis Vaksin Coronavac Tiba di Makassar

“memanfaatkan kolam ikan tersebut menjadi lebih produktif,” kata Soalihin, Minggu 7 Juni 2020.

Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto mengatakan, Brimob terus berinovasi dalam mengembangkan sistem pertanian. Baik metode hidroponik maupun aquaponik.

Pengembangan tanaman ini sebagai upaya Brimob menjawab kebutuhan pangan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Dikawal Brimob, Puluhan Ribu Dosis Vaksin Coronavac Tiba di Makassar

Darminto menambahkan, penting sekali memanfaatkan lahan sempit untuk budidaya tanaman sayuran dengan sistem aquaponik.

“Alhamdulillah ternyata berhasil,” ungkapnya.

Selain membuat media tanam dengan aquaponik, Batalyon A Pelopor juga memanfaatkan lahan sempit yang ada dengan menggunakan metode hidroponik.

“Sebentar lagi akan dipanen,” pungkas Darminto.

Melakukan budidaya pertanian sekaligus mengembangkan tanaman aquaponik untuk mendukung ketahanan pangan adalah dorongan dari Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis. Langkah itu dinilai penting guna mengantisipasi dampak lain dari pandemi virus corona atau Covid-19.

Muhammad Anis mengatakan, akan terus mendorong pengembangan sistem budidaya aquaponik di Mako Batalyon A Pelopor. Setelah berhasil mengembangkan metode hidroponik.

Selain untuk pemanfaatan lahan sempit yang ada, kebun aquaponik menambah kenyamanan dan keindahan Mako. Sehingga bekerja dan menempati kantor menjadi nyaman dan segar.

“Dengan mengkaryakan personel di jajaran Batalyon dan Detasemen dalam menciptakan inovasi,” kata Anis.

Dalam penguatan ketahanan pangan, seperti pembudidayaan ikan air tawar dan tanaman hidroponik maupun aquaponik, diharapkan dapat memiliki manfaat dan sebagai langkah antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi ke depan.

Bagikan