Integritas Calon Walikota Makassar Diukur Dengan Rekam Jejak

Empat pakar membedah integritas Calon Walikota Makassar 2020 pada Ngobrol Politik, di Warkop Aleta, Jalan Toddopuli, Minggu 22 Desember 2019.

Terkini.id — Empat pakar membedah integritas Calon Walikota Makassar 2020 pada Ngobrol Politik, di Warkop Aleta, Jalan Toddopuli, Minggu 22 Desember 2019.

Ngobrol politik menghadirkan empat narasumber yaitu, Alam Tauhid Syukur (Pakar Kebijakan Publik STIA LAN Makassar), Jayadi Nas (Pakar Politik Unhas), Andi Lukman Irwan (Pakar Politik Unhas) dan Ali Armunanto (pakar politik Unhas).

Jayadi Nas mengatakan, banyaknya calon yang akan maju pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar 2020 mendatang, membuat masyarakat harus betul-betul memilih calon pemimpin yang memiliki integritas dan bertanggungjawab.

“Apalagi Kota Makassar akan menjadi penyangga ibu kota baru, sehingga dibutuhkan sosok pemimpin yang memiliki integritas dan bertanggungjawab,” kata Jayadi.

Ali Armunanto mengungkapkan, ada banyak variabel untuk menilai integritas seseorang, salah satunya melihat rekam jejak digitalnya.

“Kalau dia pernah memegang amanah di pemerintahan, apakah itu kepada dinas atau kepala daerah, program apa saja yang dia sudah jalankan selama di pemerintahan, apakah janji-janjinya sudah terpenuhi,” ujar Ali.

Menurut Ali Armunanto, membagi integritas menjadi tiga kategori, yakni integritas moral, integritas sosial, dan integritas politik.

Integritas moral bersifat universal dan personal, integritas sosial terkait dengan kehidupan sosial seseorang, dan integritas politik terkait dengan bagaimana seseorang menjalankan fungsi dan tugas pokoknya sebagai pemimpin.

“Ada dua tipe pemimpin. Satu pemimpin yang hanya peduli pada kekuasaannya. Kedua pemimpin yang hanya peduli pada kebijakannya, yakni pemimpin yang terlalu peduli pada integritas moral dan sosial tapi tidak memiliki integritas politik yang bagus,” terangnya.

Komentar

Rekomendasi

Cegah Corona, Akses Keluar-Masuk Pulau di Makassar Dibatasi Ketat

Kalangan Milenial di Makassar Buat APD Untuk Para Medis Yang Tangani Pasien Covid-19

Lawan Corona, Japanese Restauran Bantu Pemkot Makassar 1 Ton Mie Instan

Antisipasi Dampak Corona, Pemkot Makassar Siapkan Bantuan Sembako

Gandeng Indosat Ooredoo, Forum OSIS Sulsel Beri Kuota Internet Gratis untuk Sekolah Terpilih

Warga BTP Makassar Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Penyebabnya

Cegah Corona, Muslimah Wahdah Makassar Bagikan Vitamin C untuk Masyarakat

Cegah Penyebaran Corona, Damkar Makassar Intens Penyemprotan Disinfektan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar