Ini Isi Permendagri Nomor 10 2018 yang Perlu Dipahami Pejabat Pemkot Makassar

Terkini.id, Makassar – Inspektorat Kota Makassar terus meningkatkan kualitas perencanaan, pembangunan dan penganggaran.

Salah satunya dengan mengelar Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri terbaru yang digelar di Hotel Ibis Makassar, Jumat 24 Mei 2019.

“Seperti yang kita ketahui bersama pada tahun 2018 telah diterbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2018 tentang Reviu atas Dokumen Perencanaan Pembangunan dan Anggaran Daerah Tahunan,” terang Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim.

Peraturan Menteri Dalam Negeri tersebut diterbitkan dengan tujuan sebagai pedoman bagi APIP daerah dalam melaksanakan Reviu atas Dokumen Perencanaan Pembangunan dan Anggaran Daerah Tahunan untuk meningkatkan kualitas APBD dan/atau Perubahan APBD.

“Dengan memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahannya,” kata Zainal dikonfirmasi, Jumat 24 Mei 2019.

Zainal menjelaskan kegiatan ini juga menjamin kualitas perencanaan pembangunan dan anggaran daerah tahunan.  Termasuk mendorong OPD agar meningkatkan kualitas dokumen perencanaan dan penganggaran.

“Peran APIP dalam proses reviu dokumen perencanaan adakah mendorong setiap OPD agar meningkatkan kualitas dokumen

Perencanaan dan penganggaran untuk menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas efektif dan efisien sehingga penyelenggaraan pemerintah dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Zainal berharap kegiatan ini juga memberi pemahaman dan menjadi pedoman pengetahuan para peserta khususnya dalam perencanaan pembangunan dan anggaran daerah tahunan.

“Hadirin yang saya hormati pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para peserta mengenai pedoman petunjuk teknis reviu atas dokumen perencanaan pembangunan dan anggaran daerah tahunan sehingga pada akhirnya pelaksanaan reviu yang efektif dan efisien dapat tercapai,” paparnya.

Inspektorat Makassar juga berharap peserta dapat mengkuti kegiatan hingga selesai serta melaksanakan tugas sebagai aparat pengawas internal Pemerintah Daerah Kota Makassar.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menitip harapan kepada semua peserta agar Mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga pelaksanaan sosialisasi ini bermanfaat untuk kita semua khususnya dalam melaksanakan tugas sebagai aparat pengawas internal Pemerintah Daerah Kota Makassar,” tutupnya.

Zainal menyampaikn terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada narasumber dari BPKP perwakilan Sulawesi Selatan atas kerja samanya sehingga sosialisasi ini dapat terselenggara dengan baik.

Berita Terkait