Jadi Pembicara di PKPA UIN Alauddin Makassar, Ini Saran Prof. Aswanto

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.Id, Makassar- Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Prof Dr Aswanto M.Si DFM, menyampaikan materi dalam kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Angkatan IX, Minggu, 9 Februari 2020 di Demelia Hotel, Makassar.

Prof Aswanto tampil di sesi terakhir yang merupakan penutup rangkaian PKPA dengan memberikan materi mengenai “Kewenangan Mahkamah Konstitusi”.

Dalam paparanya, Prof Aswanto banyak menyampaikan peran MK dalam politik hukum Indonesia dan tata cara mengajukan judicial review di MK. Selain itu, Ia juga secara mengungkapkan ada satu peran mahkamah konstitusi yang belum dijalankan, yaitu pemberhentian partai politik.

Menurutnya, hal ini terjadi karena yang berhak mengajukan gugatan hanya presiden, sementara presiden dalam pemilu didukung oleh partai.

Olehnya, Prof Aswanto menyarankan agar dilakukan perbaikan di dalam UU MK dan mendorong calon advokat agar berani mengajukan gugatan di MK.

Menarik untuk Anda:

“Karena untuk mengajukan gugatan di MK tidak perlu menunggu advokat diambil sumpahnya,” ujar Guru Besar Fakultas Hukum UNHAS yang telah 6 tahun menjadi Hakim MK tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta yang merupakan calon advokat dan diakhiri dengan foto bersama dan pertukaran plakat MK dan Peradi-UIN Alauddin.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

World Cleanup Day, ini yang HMPI Sulsel Lakukan

Kerjasama dengan KPU Gowa, LKPM UINAM Sukses Gelar Webinar Seri-3

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar