Jaga Pluralisme, Walikota Kupang Siap Bantu Pembangunan Vihara Pubbaratana

Walikota Kupang Jefirstson R Riwu Kore (tengah depan), didampingi Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) NTT Hilda Riwu Kore Manafe (tiga dari kanan), dan Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia Nusa Tenggara Timur (Magabudhi NTT) Indra Effendy (dua dari kanan), saat foto bersama di lokasi pembangunan Vihara Pubbaratana, Sikumana, Maulafa, Kota Kupang. / Effendy Wongso

TERKINI.id, KUPANG – Jaga Pluralisme, Walikota Kupang Siap Bantu Pembangunan Vihara Pubbaratana. Walikota Kupang Jefirstson R Riwu Kore menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan pembangunan rumah ibadah umat Buddha, Vihara Pubbaratana yang belum tuntas pembangunannya lantaran terkendala biaya.

Bentuk kepedulian orang nomor satu di jajaran pemerintah kota (Pemkot) Kupang yang lebih akrab disapa “Jeffri” tersebut, adalah dengan menyambangi lokasi pembangunan Vihara Pubbaratana di Sikumana, Maulafa, Kota Kupang untuk membangun dialog dan mencari solusi terkait permasalahan pembangunan vihara yang belum rampung.

Selain umat Buddha, dalam dialog yang dihadiri beberapa pemuka agama di Kota Kupang, Kamis 5 Desember 2019, Jeffri yang disambut Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia Nusa Tenggara Timur (Magabudhi NTT) Indra Effendy, mengatakan Pemkot Kupang bersama masyarakat, khususnya dari agama-agama lain siap membantu dan memberikan dukungan agar pembangunan Vihara Pubbaratana dapat terselesaikan.

“Selama ini, toleransi penuh telah ditunjukkan masyarakat NTT, khususnya warga Kupang. Pembangunan tempat-tempat ibadah dapat berjalan lancar. Inilah keberagaman yang terjadi, dan menguatkan nilai-nilai keagamaan masyarakat,” paparnya.

Menurut Jeffri, ia tetap akan merawat pluralisme yang selama ini telah terbangun dengan baik. Salah satu kelebihan daerah berjuluk “Kota Sasando” yang dipimpinnya, sebutnya, adalah toleransi antarumat beragama. Untuk itu, pihaknya akan membantu pembangunan Vihara Pubbaratana agar umat Buddha dapat beribadah dengan nyaman dan layak.

Sementara itu, Indra mengungkapkan terima kasihnya karena Pemkot Kupang bersama Kementerian Agama Kota (Kemenag) Kupang yang diwakili Kepala Kantor Kemenag Kupang Yacobus Beda Kleden yang telah menunjukkan kepedulian yang dalam terhadap kendala pihaknya.

Dalam dialog terbuka dengan umat Buddha Kota Kupang, tampak hadir Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi NTT Hilda Riwu Kore Manafe, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Kupang Rio Fanggidae, Bendahara Panitia Pembangunan Vihara Pubbaratana Wahyu Hidayat, dan puluhan pemuda lintas agama yang tergabung dalam Komunitas Peace Maker (Kompak) Kupang.

Usai dialog, secara simbolis Jeffri didapuk menanam pohon di beranda Vihara Pubbaratana sebagai aksi umat Buddha Kupang mendukung Gerakan Kupang Hijau yang dicanangkan Pemkot Kupang pada November 2019 lalu. Aksi serupa dilakukan Hilda, Rio, dan beberapa tokoh dari lintas agama.

Komentar

Rekomendasi

Kesepian dalam Penjara, Napi Ini Minta Polisi Tangkap Orang Lagi agar Ada Teman

Bejat, Ustaz Ini Cabuli Santriwati yang Masih di Bawah Umur

Moeldoko Kagum pada Haerul Sang Montir Perakit Pesawat Terbang

Beredar Video Klarifikasi Petinggi Sunda Empire, Ngaku Bisa Kendalikan Bumi dan Nuklir

Viral, Rombongan SPG Kesurupan Massal Dalam Mobil Usai Singgah di Telaga Golf

Begini Kronologi Kejadian Moncong Ikan Tancap Leher Remaja Nelayan, Untung Tak Dilepas

Disepakati DPR, Pemerintah Bakal Hapus Tenaga Honorer

Hadir di Makassar Bersastra, Deng Ical Ajak Pecandu Aksara Kampanyekan Literasi Digital

Beginilah TVRI

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar