Masuk

Jalankan Program Kemitraan Kemendikbud, Dosen UKI Paulus Gelar PkM di Desa Lembang Mesakada

Komentar

Terkini.id, Makassar – Beberapa Dosen Universitas Kristen Indonesia Paulus mendapat kesempatan menjalankan Program Kemitraan Masyarakat. Program ini merupakan hibah kompetisi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk pendanaan tahun 2022. 

Dosen Universitas Kristen Indonesia Paulus pun langsung menindaklanjuti dengan melakukan kegiatan PKM di Desa Lembang Mesakada.

Program hibah ini dijalankan oleh beberapa dosen Universitas Kristen Indonesia Paulus yang diketuai oleh Dr. Atus Buku, ST., M.T., dari Program Studi Teknik Mesin dengan anggota Irwan Lie keng Wong, ST., MT. dari Program Studi Teknik Sipil dan Maiercherinra Daud, S.E.,M.Acc dari Program Studi Akuntansi. 

Baca Juga: Angka Putus Sekolah Murid SD Tertinggi di Jakarta, Uki: Gubernurku Anies, Sekali Lagi Terbukti Kerjamu Cuma Kosmetik

Pelaksanaan tentu mendapat dukungan  Kepala Desa Lembang Mesakada bapak Ir. Yohanis Pakuli dan dibantu oleh 3 orang mahasiswa yang juga terlibat langsung dalam pengabdian kepada masyarakat ini.

Tujuan yang ingin dicapai pada Program Kemitraan Masyarakat ini adalah mengatasi permasalahan di masyarakat melalui cara pemberdayaan masyarakat dengan menerapkan teknologi yang murah dan terjangkau. 

Diskusi bersama kepala Desa Lembang Mesakada dan beberapa orang masyarakat

Target dari program Iptek ini adalah metode pembuatan sistem pendistribusian air untuk keperluan sehari-hari dan untuk lahan pertanian; Menghasilkan produk/barang berupa sistem pendistribusian air dengan metode pipanisasi; Meningkatkan ketrampilan berfikir bagi petani untuk menangani dan meningkatkan kwalitas, kwantitas, nilai jual hasil pertanian diantara padi, sayur-sayuran dan ikan; Meningkatkan kemampuan para petani untuk menangani masalah pembukuan dalam membuka usaha penjualan hasil pertanian; Meningkatkan ketrampilan, produktivitas dan kesejateraan petani serta membebaskan kelompok petani dari kemiskinan dan Meningkatkan kegiatan IPTEKS Institusi, atensi akademisi terhadap masyarakat atau usaha mikro; Menghasilkan Teknologi Tepat Guna.

Baca Juga: Anies hingga RK Beraksi di Citayam Fashion Week, Uki Minta Ganjar Jangan Ikut-ikutan: Kesannya Numpang Narsis

Pengembangan distribusi air bersih dan irigasi sistem pipanisasi dengan metode gravitasi di Desa Lembang Mesakada sangat potensial dan strategis, karena topografi area pertanian berada pada daerah yang tinggi. 

Sumber air yang mengalir didaerah Desa Lembang Mesakada mempunyai hulu dipegunungan, karena posisi sumber air yang berada pada ketinggian maka sangat potensial untuk memanfaatkan dan mengembangkan konsep ini. 

Dalam kegiatan program Kemitraan Masyarakat Tim akan bekerja bersama Kelompok masyarakat Mitra akan merencanakan, membangun, mengoperasikan teknologi pendistribusian air dengan metode pipanisasi. 

Konsep teknologi yang digunakan untuk mengatasi masalah air bersih di Desa Lembang Mesakada adalah teknologi pendistribusian air bersih dan irigasi dengan metode pipanisasi. Metode ini tergolong paling sederhana dan murah. 

Baca Juga: UAH Sebut Nama Asli Kapiten Pattimura adalah Ahmad Lussy, Uki Beri Sindiran Menohok

Air yang berasal dari hulu di Distribusikan kedalam bak penampungan besar, air dari bak penampungan besar kemudian disalurkan lewat pipa untuk keperluan air bersih. Pendistribusian air selain untuk keperluan air bersih juga akan digunakan keperluan kolam ikan masyarakat Mitra.

Pada akhirnya tim pengabdian Masyarakat UKI Paulus mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia yang telah memberikan dana dalam mendukung kegiatan ini.