Jangan Sepelekan, Ini 8 Manfaat Telur untuk Anak-anak loh Bunda!

Terkini.id, Jakarta – Jangan sepelekan, ini delapan manfaat telur untuk anak-anak. Di muka bumi ini, aneka makanan bernutrisi tersedia untuk menghidupi makhluk hidup. Salah satunya adalah telur. Kendati terkesan sepele dan klise, namun telur mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan tubuh.

Pada anak-anak, konsumsi telur tidak hanya baik untuk mendukung proses tumbuh kembang, tetapi juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan mereka. Yuk, Bunda, kenali lebih jauh manfaat telur untuk anak.

Di dalam telur terdapat beragam nutrisi penting, seperti protein, lemak, omega-3, kolin, lutein, zeaxanthin, kalium, selenium, fosfor, dan zinc. Selain itu, telur juga kaya akan folat, zat besi, serta aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Baca Juga: Ketahui Penyajian Sayur Brokoli, Terbukti Dapat Turunkan Gula Darah Loh!

Berkat kandungan nutrisinya yang berlimpah tersebut, seperti dirangkum Terkini.id dari alodoktercom, Sabtu 4 September 2021, ada banyak manfaat telur untuk anak-anak di antaranya:

Menambah energi

Baca Juga: Geger Video Pasangan Gancet, Ternyata Ada Penjelasan Medis dan Ilmiahnya...

Dalam sebutir telur, terkandung sekitar 60 kalori dan 5,5 gram protein. Tak hanya itu, telur juga mengandung lemak yang dibutuhkan tubuh anak-anak.

Bunda juga bisa berikan telur kepada si Kecil untuk menambah energinya. Dengan tenaga yang cukup anak-anak bisa menjalankan aktivitasnya dengan lebih baik, mulai dari belajar di sekolah, bermain, hingga mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Baca Juga: Geger Video Pasangan Gancet, Ternyata Ada Penjelasan Medis dan Ilmiahnya...

Telur mengandung beragam nutrisi yang mampu memperkuat sistem imun anak, seperti protein atau asam amino, zinc, selenium, vitamin A, dan vitamin D. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh anak-anak akan lebih mampu melawan berbagai virus dan kuman penyebab penyakit, termasuk virus corona penyebab Covid-19.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kuning telur memang mengandung kolesterol, Bun. Namun, mengonsumsi satu atau dua butir telur per hari masih dianggap aman untuk anak-anak, kok. Bahkan, justru bisa membantu memelihara kesehatan jantungnya.

Selain dengan memberikan si Kecil telur, untuk menurunkan risikonya mengalami penyakit jantung, Bunda juga perlu mengajak anak-anak rutin berolahraga dan membatasi pemberian makanan yang kurang sehat, seperti gorengan, makanan manis, atau makanan yang mengandung banyak garam.

Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah kondisi ketika sel darah merah di dalam tubuh berkurang, sehingga tidak dapat membawa oksigen dengan jumlah yang cukup. Anak-anak yang mengalami anemia bisa mengalami gangguan tumbuh kembang dan beragam gejala, seperti pucat, mudah lelah, dan susah konsentrasi.

Untuk mencegah anak-anak mengalami anemia, Bunda perlu memberi ia makanan yang mengandung zat besi dan folat, seperti telur.

Meningkatkan fungsi otak

Telur merupakan sumber asam amino, kolin, dan omega-3 yang baik. Kandungan nutrisi tersebut dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan saraf serta jaringan otak anak, sehingga kecerdasan si Kecil dapat meningkat.

Menjaga kesehatan mata

Manfaat telur untuk anak-anak selanjutnya adalah menjaga kesehatan matanya. Manfaat ini didapat berkat vitamin A, zinc, dan antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin yang terdapat pada telur.

Berbagai riset membuktikan, asupan nutrisi tersebut dapat memelihara fungsi mata dan mencegah si Kecil untuk terkena gangguan penglihatan.

Mendukung kesehatan sistem saraf dan otot

Kalium yang terkandung pada telur mempunyai manfaat untuk mendukung kesehatan sistem saraf dan otot anak. Selain itu, mineral ini juga memiliki peranan dalam mengontrol keseimbangan cairan tubuh dan menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi.

Menunjang tumbuh kembang anak

Untuk mencapai tumbuh kembang yang baik, anak-anak membutuhkan beragam nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, serta aneka vitamin dan mineral. Berbagai nutrisi tersebut bisa diperoleh dari telur dan makanan sehat lainnya, seperti susu, ikan, buah, sayuran, daging, dan kacang-kacangan.

Itulah beragam manfaat telur untuk anak yang perlu Bunda ketahui. Selain memiliki rasa yang enak dan disukai banyak anak, pengolahan telur pun sangat praktis dan tidak menyita banyak waktu.

Ada beragam jenis telur yang bisa diberikan kepada anak-anak, yaitu telur bebek, telur ayam, atau telur puyuh. Kendati berasal dari hewan yang berbeda, tetapi ketiga jenis telur ini sama-sama bernutrisi dan baik untuk kesehatan anak.

Sebelum memberikan telur kepada si Kecil, pastikan Bunda telah memasaknya hingga matang. Pasalnya, telur mentah atau setengah matang bisa mengandung bakteri yang dapat menyebabkan buah hati Bunda mengalami keracunan.

Meskipun ada banyak manfaat telur untuk anak-anak, sebagian anak mungkin bisa mengalami alergi setelah mengonsumsi telur atau makanan yang mengandung telur.

Bila anak Bunda mengalami bibir bengkak, kulit gatal-gatal dan kemerahan, bentol-bentol, pilek, diare, atau sakit perut, setelah mengonsumsi telur, segera hentikan pemberian telur dan bawalah ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Bagikan