Suka Nasi Goreng? 3 Bahan Favorit Berikut Ternyata Berpotensi Bahaya Jika Ditambahkan, Bisa Keracunan!

Terkini.id, Jakarta – Siapa, sih, yang tak suka nasi goreng? Sepertinya hampir semua orang Indonesia menyukai makanan satu ini.

Namun, tahukah kamu jikalau ternyata setidaknya ada tiga bahan favorit yang apabila ditambahkan bersama nasi goreng justru berpotensi bahaya hingga bisa membuat keracunan?

Dilansir terkini.id dari GridStar.id pada Selasa, 29 Juni 2021, meski bahan-bahan berikut kemungkinan adalah favorit kita, tetapi sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan keracunan hingga kematian.

1. Mentimun

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 8 Manfaat Telur untuk Anak-anak loh Bunda!

Rasanya enggak bakalan lengkap kalau kita makan nasi goreng tanpa mentimun, setuju gak?

Mentimun juga bisa bikin mulut kita terasa lebih fresh setelah makan nasi goreng yang berminyak.

Baca Juga: Mulanya Iseng, Hadirlah Nasi Goreng Hits On the Way

Eits, tapi tunggu dulu! Ternyata makan mentimun dengan nasi goreng bisa sebabkan keracunan, lho!

Ketika kita makan nasi goreng dengan minyak bekas yang sering kali kita lakukan di rumah, ternyata ketika mentimun menyentuh nasi goreng tersebut, bakalan ada reaksi kimia yang membahayakan tubuh, yaitu aldehyde.

Aldehyde ini termasuk cukup beracun. Kalau terlalu sering dikonsumsi, ternyata bisa menyebabkan inflamasi pada tenggorokan kita.

Baca Juga: Mulanya Iseng, Hadirlah Nasi Goreng Hits On the Way

Dalam kondisi yang parah, inflamasi ini babkan bisa menjadi penyebab kanker tiroid dan kanker leher!

2. Telur

Walaupun enggak harus ada dalam nasi goreng, tetapi enggak bisa dimungkiri kalau nasi goreng sendiri adalah sumber protein pada makanan kita.

Telur memang jadi pelengkap yang paling pas dalam nasi goreng, tetapi bisa juga berbahaya ketika kita enggak tahu cara tepat memasaknya.

Ketika kita memasak telur yang dicampurkan dengan nasi goreng, mungkin telur tersebut enggak bakalan berpengaruh banyak.

Namun, ini akan jadi masalah ketika kita memasak telur terpisah dengan nasi goreng, tetapi menggunakan banyak sekali minyak untuk membuat telur goreng.

Ketika kita memasak telur dengan banyak minyak, kita membuat tingkat kolesterol kita menjadi naik tajam dan membuat kalori yang kita makan dengan nasi goreng juga menjadi tinggi.

Alhasil, bukan cuma kolesterol yang tinggi, tetapi kita juga gampang begah!

3. Kecap Asin

Akan jauh lebih baik kalau kita bisa melupakan kecap asin setiap kali memasak nasi goreng.

Ini karena kecap asin atau kecap ikan sendiri punya kandungan sodium yang sangat tinggi sehingga enggak baik bagi kesehatan kita.

Bahkan, dalam satu sendok makan kecap asin sudah terdapat hampir 900 mg sodium dan dalam satu sendok makan kecap ikan terdapat 1.400 mg sodium, sedangkan setiap harinya kita enggak diperbolehkan makan 1.500 mg sodium, lho!

Dengan kata lain, memakai banyak kecap asin sama saja membuat kita makan banyak sodium, yang artinya kita bisa meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan stroke!

Namun, pada kenyataannya, kecap asin atau kecap ikan memang akan membuat rasa nasi goreng kita makin gurih dan nikmat.

Jadi, ya, kalau sudah begini, pastikan kamu hanya gunakan maksimal 1 sdm kecap asin atau kecap ikan, ya!

Bagikan