Masuk

Jarang Diketahui, Beginilah Kondisi Desa Soni, Sulawesi Tengah yang Kerap Dilanda Banjir Bandang

Komentar

Terkini.id, Jakarta– Soni kecamatan Dampal Selatan, Toli-Toli, Sulawesi Tengah, lagi-lagi dilanda banjir bandang pada hari Senin, 8 Februari 2021.

Ini bukan kali pertama banjir bandang melanda desa malang ini.

Menurut pengakuan salah satu warga, Amar Sony, via WhatsApp, desanya tersebut telah berkali-kali dilanda banjir, tetapi hampir tidak pernah mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Kondisi rumah salah satu warga usai dilanda banjir bandang /via WhatsApp. 
Baca Juga: Sempat Hancur Karna Diterjang Banjir, MAN Lutra Kini Bisa Kembali Digunakan

Dalam wawancara daring lewat aplikasi WhatsApp, Amar menyampaikan permintaannya agar desa mereka dibuatkan buronjong (semacam tanggul). 

“Tolong, Pak, buatkan kami buronjong atau semacamnya yang sekiranya bisa menahan air sungai yang semakin hari semakin mepet di tiang belakang rumah kami. Tolong kodong, Pak.”

Selain mengirimkan beberapa foto eksklusif di lokasi kejadian, Amar turut mengirimkan sebuah video yang memperlihatkan situasi terkini Desa Soni usai dilanda banjir bandang pada Senin kemarin.

Tangkapan layar video usai banjir bandang Desa Soni /via WhatsApp.
Tangkapan layar video usai banjir bandang Desa Soni /via WhatsApp.
Baca Juga: Banjir Terjadi di Semarang Sejak Sabtu Masih Belum Surut Sampai Hari Ini

Ia mengaku hanya sempat merekam video setelah banjir usai, ia tak sempat merekam video ketika banjir bandang sedang melanda lantaran dirinya dan para warga lainnya sibuk menyelamatkan barang-barang.

“Setiap malam kami selalu merasa waswas kalau-kalau banjir kembali datang.”

Kini Amar bersama para warga lainnya hanya bisa menunggu air sungai surut.

Dari video yang ia kirimkan, tampak lumpur beserta air masih menggenang di sana-sini dan itu tentu saja sangat menyusahkan para warga untuk beraktivitas seperti biasa.