Jelang Pencoblosan Pilkada Makassar, Ini Kriteria Pemimpin Ideal Versi KAMMI

Terkini.id, Makassar – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang digelar secara serempak pada masa pandemi COVID-19, Tim Kajian Pemantau Pemilu KAMMI mengeluarkan pandangan yang penting untuk diperhatikan pada 9 Desember mendatang.

Ketua KAMMI Daerah Makassar Rustam menyatakan telah ikut memantau proses Pilkada pada masa pandemi Covid-19 ini dan siap mensukseskan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Lebih lanjut ia memaparkan hasil kajian Tim Pemantau Pemilu, ada 270 daerah ikut dalam  proses Pilkada yang akan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana telah ditetapkan oleh KPU.

Baca Juga: KAMMI Makassar Mengutuk Keras Insiden Bom Bunuh Diri di Gereja...

Tahapan Pilkada yang dimulai sejak akhir Agustus hingga awal Desember 2020 ini juga sudah memasuki masa tenang terhitung sejak tanggal 5 Desember hingga proses pemilihan dilakukan pada 9 Desember 2020.

“Prosesnya sudah dijalankan, KPU dan BAWASLU serta pihak yang terkait telah berusaha melaksanakan prosesi Pilkada ini sebaik mungkin dengan menerapkan protokol kesehatan,” paparnya Rustam, Selasa 8 Desember 2020.

Baca Juga: KAMMI Makassar Gelar Musda VI, Plt Gubernur Sulsel Minta KAMMI...

Selain itu, kata Rustam, Tim Pemantau Pemilu KAMMI juga menyampaikan beberapa kriteria pemimpin yang penting diperhatikan oleh masyarakat Indonesia, terutama di Kota Makassar yang memiliki 4 pasang kandidat Pilwalkot.

Menurutnya, hal-hal yang penting diperhatikan pada calon pemimpin antara lain, jeli terhadap korporasi dan konglomerasi keluarga berkuasa, penting untuk melihat potensi bahaya dinasti politik, menghindari potensi kandidat yang tendensinya KKN.

Kriteria lainnya, lanjut Rustam, yakni pentingnya memilih pemimpin yang  transparan dan terbuka mengenai anggaran, memiliki orientasi pembangunan kota berbasis teknologi, memilih pemimpin ramah serta dekat dengan masyarakat, memiliki dukungan dan keberpihakan ke UMKM, professional dan memiliki track record yang baik dan jelas, serta memiliki pengalaman membangun dan menjabat dipemerintahan.

Baca Juga: KAMMI Komisariat PK Unhas Gelar Pelantikan Pengurus

“9 kriteria ini penting diperhatikan agar pemimpin yang terpilih dapat membawa perbaikan dan menghasilkan kesehatan demokrasi yang digelar dalam suasana Covid-19 tahun ini,” tutupnya.

Citizen Reporter : Nasmi

Sponsored by adnow
Bagikan