Pilwalkot Makassar Setahun Lagi, Dukungan Mengalir untuk Sukriansyah S Latief

Terkini.id, Makassar – Figur Sukriansyah S Latief yang karib disapa Uki ikut menjadi ‘magnet’ dalam bursa kandidat bakal calon Walikota Makassar.

Selain ramai diperbincangkan publik di media sosial sebagai figur kuat yang turut meramaikan pertarungan Pemilihan Walikota Makassar (Pilwalkot) 2020 mendatang, dukungan deras dari berbagai lembaga dan komunitas juga mengalir.

Salah satunya berasal dari lembaga Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (APKAN).

Menurut Ketua APKAN, Irianto Amama, seorang figur pemimpin haruslah memenuhi 4 kriteria yakni mempunyai basis suara yang besar, figur ketokohan yang tidak diragukan lagi, memiliki sumberdaya manusia (SDM) yang mumpuni serta finansial yang kuat.

“Semua itu ada pada sosok Pak Uki. Bicara soal basis suara, Pak Uki ini memiliki jaringan yang sangat luas dan beragam. Ini tak lepas dari basis profesinya dulu sebagai seorang Pimpinan Redaksi koran besar,” ujarnya, Rabu 8 Mei 2019.

Hal ini pula yang menjadikannya sebagai seorang tokoh publik dengan kemampuan membagun komunikasi di berbagai lintas dan kalangan,

Irianto menambahkan, SDM yang dimiliki sosok Sukriansyah juga sangat mumpuni. Dari berbagai jabatan strategis yang disandangnya, baik sebagai Pemimpin Redaksi Harian Fajar, Direktur Fajar dan saat ini menjabat Komisaris Fajar, Staf Khusus Menteri Pertanian RI dan Komisaris BUMN Pupuk Indonesia, menunjukkan sosok kepemimpinan yang kuat.

“Tidak gampang menduduki jabatan-jabatan strategis seperti itu kecuali seorang tersebut punya SDM kuat dan kemampuan membangun koordinasi yang besar,” imbuhnya.

Dengan demikian, kata Irianto, sosok seperti inilah yang saat ini dibutuhkan kota Makasar.

Figur yang mampu membangun komunikasi serta punya daya koordinasi besar di berbagai ragam kalangan dan kepentingan sekaligus bisa membangun sinergi untuk tujuan bersama.

“Inilah yang sangat diperlukan Makassar ke depan, mengingat pelayanan publik yang terus mengalami perubahan dan membutukan sentuhan mendasar dari sosok yang sangat paham fungsi pelayanan public,” tegas dia lagi.

Dukungan untuk Uki juga mengalir dari komunitas Kopi Zone yang disampaikan langsung oleh Ketuanya, Agus Anwar Moka.

Menurutnya, figur Uki merupakan jaminan mutu untuk sebuah perubahan mendasar di kota Makassar.

“Ada dua hal yang dimiliki Pak Uki sekaligus yang tidak ada kandidat lain, yakni memiliki jaringan yang sangat luas serta kepemimpinan yang transformatif. Kepemimpinan transformatif artinya kita dipimpin oleh sosok yang low profile serta melakukan sesuatu pekerjaan tapi tidak merasa tertekan dan merasa diperintah,” ujar Agus.

Kota Makassar, kata Agus, sangat membutuhkan kehadiran sosok pemimpin seperti ini. Pemimpin yang tetap tenang di tengah arus perubahan besar dan benturan kepentingan yang kuat.

“Figur Pak Uki sangat menonjol di sana. Satu contoh kecil adalah bagaimana dia melakukan transformasi besar di media Fajar dulu dan membawa Fajar menjadi media yang besar di Indonesia Timur,” katanya.

Agus menambahkan, yang juga mencolok dari gaya kepemimpinan yang dimiliki Uki adalah meletakkan dirinya sebagai seorang mitra bukan sebagai sosok yang harus dilayani.

“Bawahannya dianggap sebagai mitra sehingga kita merasa nyaman di dalamnya serta tidak merasa sebagai bawahan yang bekerja di bawah ancaman dan tekanan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bulukumba

Breaking News: Buruh PT Lonsum Mogok Kerja

Terkini.id,Makassar – Seribuan karyawan baik pabrik dan kebun PT London Sumatera (Lonsum) di Bulukumba, perusahaan perkebunan bergerak di industri perkebunan kelapa sawit dan karet, kembali
News

Terima Kasih Pembaca, Terkini.id 16 Tahun

Terkini.id, Makassar - Tanggal 7 Juli 2019 lalu, media Makassar Terkini yang telah bertransformasi dari majalah menjadi media online terkini.id, merayakan ulang tahun ke-16.Sejumlah