Jet Tempur Israel Bombardir Pendemo yang Protes Blokade Gaza

Terkini.id, Jakarta – Jet tempur Israel bombardir pendemo yang protes blokade Gaza. Angkatan Udara Israel melalui serangan sejumlah jet tempurnya kembali membombardir Jalur Gaza, Palestina, Minggu 29 Agustus 2021 pagi waktu setempat, dengan alasan membalas bentrokan dalam aksi unjuk rasa di sepanjang perbatasan.

Seperti dilansir dari Associated Press via CNN, Minggu 29 Agustus 2021, jet tempur Israel menyerang sejumlah bangunan yang menurut mereka sebagai fasilitas militer Hamas di Jalur Gaza. Pasalnya, menurut Israel Hamas berada di balik aksi unjuk rasa itu.

Sementara itu, aksi bentrokan antara pengunjuk rasa di Jalur Gaza dan tentara Israel di perbatasan terus terjadi sepanjang Sabtu 28 Agustus 2021 malam kemarin. Para pedemo melemparkan bom molotov ke arah tentara penjaga perbatasan Israel.

Baca Juga: Warga di Negara Ini Jadikan Bendera Yahudi Israel Keset Masjid

Dalam bentrokan itu, dilaporkan lima warga Jalur Gaza terluka akibat tembakan peluru tajam yang dilepaskan tentara Israel.

Massa demonstran di perbatasan Jalur Gaza terus menerus menggelar unjuk rasa selama sepekan dengan tujuan menekan Israel agar melonggarkan blokade ekonomi terhadap wilayah itu.

Baca Juga: Posting Video Konvoi Bendera Palestina dan Komunis, Ferdinand: Pujaan Kadrun

Sementara itu, menurut Dinas Kesehatan Jalur Gaza, seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun yang ditembak di kepalanya tentara Israel saat ikut berunjuk rasa di perbatasan Gaza pada pekan lalu, dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu 28 Agustus 2021 kemarin.

Israel dan Mesir sendiri menerapkan blokade terhadap Jalur Gaza, sejak wilayah itu dikuasai Hamas pada 2007 silam. Saat itu, Hamas memenangkan pemilu Palestina tetapi tidak diakui faksi Fatah.

Hal tersebut membuat Hamas murka, sehingga sempat terjadi perang saudara antara Hamas dan Fatah. Kedua kelompok itu kemudian saling memburu para petinggi dan simpatisan di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Bagikan