JR Pass, Cara Mudah dan Murah untuk Jelajahi Jepang

Japan Rail Pass (Sumber : hiamaileen.com)

Terkini.id,- Majunya sistem transportasi Jepang memudahkan wisatawan saat berkunjung ke sana. Tapi disisi lain, wisatawan yang baru pertama kali datang mungkin bingung menghadapi berbagai macam pilihan kartu transportasi saat membeli tiket. Karena itulah, JR Pass hadir sebagai solusinya.

Kalau kamu ingin bertandang ke Jepang, pertimbangkan untuk membeli tiket transportasi yang juga disebut sebagai Japan Rail Pas atau Pass Kereta Jepang ini. Dijamin, perjalananmu akan terasa lebih mudah.

Cara Mudah & Murah untuk Jelajahi Jepang dengan Japan Rail Pass (Sumber : iamaileen.com)

Apa Itu Japan Rail Pass?
Japan Rail Pass merupakan tiket terusan yang dapat digunakan untuk menaiki kereta di Jepang. Dengan memilikinya, kamu tidak perlu membeli tiket tambahan lagi selama rute perjalananmu sudah ter-cover.

Karena dapat digunakan berkali-kali dalam jangka waktu yang ditentukan, kamu bisa lebih hemat biaya. Kamu pun tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak untuk membeli tiket. Selain itu, pass ini juga dapat dipakai untuk naik moda transportasi lain di bawah JR Group. Antara lain seperti bus, kapal feri, sepeda, dan layanan antar jemput bandara.

Bagaimana Cara Memiliki dan Menggunakannya?
Kamu bisa membelinya di agen resmi JR Pass di Indonesia, seperti Traveloka. Caranya, tinggal pilih mana cakupan wilayah yang ingin kamu kunjungi dan pilih pass yang sesuai. Lalu, pilihlah kelas yang kamu inginkan, apakah Ordinary Car (reguler) atau Green Car (premium).

Pilih juga jangka waktu penggunaan sesuai kebutuhanmu. Entah itu 7, 14, atau 21 hari. Setelah pesanan selesai, kamu akan mendapatkan Exchange Order (MCO) yang dapat dikirimkan ke rumah atau diambil di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jika kamu ingin mengambilnya di bandara, jangan lupa membawa bukti pembelian dan kartu identitas sebagai konfirmasi.

New Chitose Airport Japan (Sumber : Wikipedia)

Setibanya di Jepang, mintalah petugas untuk mencap paspormu dengan stempel Temporary Visitor. Stempel ini merupakan syarat wajib untuk menukarkan MCO dengan Pass Kereta Jepang. MCO harus ditukar maksimal 3 bulan setelah tanggal pengeluaran di JR office.

Setelah mendapatkan pass, kamu bisa memesan kereta di midori-no-madogu yang ada di stasiun. Tinggal tunjukkan pass-mu kepada petugas dan pilih kereta yang sesuai dengan rute perjalananmu.

Cakupan dan Rute JR Pass Japan
Pass ini dapat digunakan di lebih dari 4.800 stasiun dengan total jalur kereta sepanjang 23.000 km. Area cakupan Pass Kereta Jepang di antaranya termasuk Tokyo, Kyoto, Osaka, Hokkaido, Tohoku, Nagano, Nigata, Shihoku, Kyushu, hingga Kansai.

Sementara itu, ada beberapa kereta yang tidak termasuk dalam cakupan Pass Kereta Jepang. Antara lain kereta Nozomi di jalur shinkansen Tokaido-Sanyo, Mizuho di jalur Sanyo-Kyushu, kereta JR di jalur non-JR, kereta malam, dan bus cepat

JR Pass Price List
Harga tiket terusan ini berbeda-beda tergantung pada tipe tiket, jangka pemakaian, rentang usia pengguna, dan cakupan wilayah. Untuk Japan Rail Pass yang meng-cover seluruh Jepang (nasional), harganya adalah sebagai berikut.

Green Car
Jangka waktu pemakaian * Dewasa – Anak-anak
7 hari * 39.600 Yen – 19.800 Yen
14 hari * 64.120 Yen – 32.060 Yen
21 hari * 83.390 Yen – 41.690 Yen

Ordinary Car
Jangka waktu pemakaian * Dewasa – Anak-anak
7 hari * 29.650 Yen – 14.820 Yen
14 hari * 47.250 Yen – 23.620 Yen
21 hari * 60.450 Yen – 30.220 Yen

Harga di atas bisa lebih murah kalau kamu jeli mencari promo. Salah satu agen perjalanan yang sering memberi harga promo adalah Traveloka. Tak hanya murah, proses pembeliannya juga cepat dan dapat kamu lakukan dengan sentuhan jari melalui ponselmu.

Selain cakupan nasional, kamu juga bisa membeli JR Pass untuk cakupan regional. Umumnya, harganya lebih terjangkau dan menyediakan durasi pemakaian yang lebih singkat. Dengan JR Pass, liburanmu ke Jepang akan menjadi lebih mudah. Selamat berlibur di Jepang!

Komentar

Rekomendasi

Sejumlah ASN di Jabar Protes Gajinya Dipotong Gara-gara Covid-19

Mantan Anggota MPR RI Asal Sulsel Meninggal Dunia

Lakukan Rapid Test, Ridwan Kamil Kaget 300 Warganya Positif Corona

Berjuang Lawan Covid-19, Dokter Tirta Sempat Berstatus PDP Corona

Positif Corona, Remaja Ini Dijemput Petugas Medis Covid-19

Presenter ‘Uang Kaget’ Bantah Video Syur yang Beredar adalah Dirinya

Guru Besar FKM UI Ungkap 3 Sumber Penularan Virus Corona

Viral di Facebook, Video Pasangan Remaja Tidur Bareng Tanpa Busana

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar