Kabar Duka, 41 Tewas dalam Insiden Kebakaran RS Covid-19 di Irak

Terkini.id, Jakarta – Kabar duka, 41 tewas dalam insiden kebakaran RS Covid-19 di Irak. Insiden dapat terjadi kapan dan di mana saja. Tidak peduli sekalipun terjadi di saat orang-orang tengah dirundung duka lantaran terpapar Covid-19. Hal itu dapat dilihat dari peristiwa kebakaran di sebuah rumah sakit (RS) yang menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 di Irak pada Senin 12 Juli 2021 waktu setempat.

Kebakaran terjadi di salah satu rumah sakit di Nasiriyah, Irak, tempat para pasien Covid-19 di isolasi pada Senin 12 Juli 2021 waktu setempat.

Kebakaran tersebut diduga bermula dari api di ruang temporer yang bersebelahan dengan gedung utama. Akibat kebakaran itu, diduga 41 orang tewas di dalamnya dan baru 16 orang yang berhasil dievakuasi dan diselamatkan.

Baca Juga: Update Covid-19 Sabtu 25 Juni, Tambah 1.831 Kasus Baru

“Korban-korban meninggal akibat terbakar dan proses pencarian korban lain masih berlanjut,” terang seorang pejabat kesehatan Irak, Haydar al-Zamili seperti dikutip dari AFP, Selasa 13 Juli 2021.

Sementara itu, hingga saat ini dikabarkan masih banyak korban terperangkap dalam ruang isolasi yang terbakar itu. Pasalnya, dilaporkan api belum benar-benar bisa dipadamkan.

Baca Juga: Update Covid-19 Kamis 23 Juni, Tambah 1.907 Kasus Baru

Laporan awal polisi, menunjukkan ledakan tangki oksigen di dalam bangsal Covid-19 rumah sakit adalah kemungkinan penyebab kebakaran.

“Saya mendengar ledakan besar di dalam bangsal virus corona dan kemudian api berkobar dengan sangat cepat,” beber Ali Muhsin, seorang penjaga rumah sakit yang membantu membawa pasien yang terluka menjauh dari api, seperti dikutip dari Reuters, Selasa 13 Juli 2021.

Menyusul insiden kebakaran hebat itu, Pejabat Kesehatan di Nassiriya mengatakan operasi pencarian di rumah sakit virus corona al-Hussain masih berlanjut setelah api dapat dikendalikan. Sayangnya, asap tebal membuat sulit untuk memasuki beberapa bangsal yang terbakar.

Baca Juga: Update Covid-19 Kamis 23 Juni, Tambah 1.907 Kasus Baru

“Api yang membesar telah menjebak banyak pasien di dalam bangsal virus corona dan tim penyelamat berjuang untuk menjangkau mereka,” ungkap seorang petugas kesehatan sebelum memasuki gedung yang terbakar.

Dilaporkan, peristiwa ini bukan kali pertama rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di Irak kebakaran. Pada April 2021 lalu, kebakaran juga terjadi di salah satu rumah sakit Covid-19 di Baghdad yang merenggut 82 nyawa dan melukai 100 orang.

Bagikan