Kalah 1 Suara, Petahana Pilkades di Jenepento Tumbang

Hasil Perolehan suara Pilkades Lebang Manai Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto/Syarief

Terkini.id,Jeneponto – Penghitungan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Jeneponto di 32 Desa  berlangsung sengit.

Pemungutan dan penghitungan yang berlangsung, Senin, 4 Oktober 2019 di  sembilan kecamatan itu sangat mendebarkan hati masyarakat.

Pasalnya persaingan suara di saat penghitungan suara berlangsung alot, seperti yang terlihat di Desa Lebang Manai Kecamatan Rumbia.

Tiga calon yakni, Herman, S.Pd, H. Baharuddin, dan H.Samsuddin, dari awal penghitungan suara ketiga calon tersebut saling kejar mengejar.

Masyarakat pun antusias, teriakan-teriakan sempat memancing esmosi para masing-masing pendukung, namun pihak keamanan mengawal ketat penghitungan suara.

Dalam proses penghitungan suara, saat menghitung kertas suara di kotak suara 2, calon nomor 2 unggul sampai akhir-akhir penghitungan.

Bahkan calon nomor 2 H. Baharuddin Tayang sempat diarak oleh pendukungnya sebelum penghitungan suara selesai.

Namun, pada detik-detik penghitungan suara, calon nomor 1 yang sudah tertinggal sekitar 30 suara dari calon nomor 2, mengejar di detik-detit akhir penghitungan suara.

Di saat itulah takdir berbicara, sebagai manusia tak dapat menyangkan bahwa penghitungan suara yang tersisa di dalam kotak adalah keunggulan telat calon nomor 1.

Dari 40 surat suara yang dihitung di akhir-akhir penghitungan, membuat hati para pendukung berdebar.

Sebanyak 40 surat suara yang dihitung panitia di akhir perhitungan, di saat tersisa satu surat yang belum dihitung, situasi seakan-akan mencopot jantung para saksi dan pendukung calon, karena perolehan suara seri antara calon 1 dan 2.

Saat panitia membukan surat suara terakhir, terlihat tangan panitia pun bergetar sambil membuka dan menyebut calon yang dicoblos.

Dengan suara tegang dan hati semua warga yang hadir berdebar, panitia menyebut angka nomor 1, secara spontan pendukung nomor 1 bersorak dan langsung mengangkat calon nomor 1 yakni Herman.

Dimana hasil akhir perolehan suara Pilkades Lebang Manai Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto, calon nomor 1 Herman,S.Pd memperoleh suara 669, nomor 2 H Baharuddin Tayang memperoleh suara 668 dan nomor 3 H Syamsuddin memperoleh suara 331, sedangkan suara tidak sah sebanyak 27.

Berita Terkait
Komentar
Terkini