Kanada Jajaki Investasi Waste to Energy dan Smart City di Makassar

Perwakilan Kanada Kunjungi Balaikota Makassar

Terkini.id, Makassar – Perwakilan Pemerintah Kanada mendatangi Balai Kota Makassar untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dengan pemerintah kota ihwal waste to energy dan smart city.

“Mereka datang untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dengan pemerintah Kota Makassar. Terkait apa yang bisa pemerintah Kanada bisa kerjasamakan. Dia mengambil profil kota dan program yang siap dikerjasamakan,” kata Sekertaris Daerah Kota Makassar, Muh. Ansar di Balai Kota Makassar, Senin, 26 Agustus 2019.

Ansar mengatakan perwakilan pemerintah Kanada bertanya seputar keperluan Kota Makassar. Termasuk, kata dia, perihal kebutuhan Kota Makassar.

“Saya bilang banyak. Salah satu yang dibutuhkan Makassar adalah masalah transportasi, masalah sampah, dan sanitasi,” ungkapnya.

Kendati begitu, Ansar mengatakan tidak tertutup kemungkinan terjadi kerjasama di bidang lain. Intinya, kata dia, perwakilan pemerintah Kanada datang untuk menjajaki kemungkinan kerja sama.

“Data-data program yang siap di kerjasamakan ada 10 poin dan itu sudah diserahkan. Saya tegaskan, kami mau ada kerjasama tapi uang kami tidak ada, silahkan melakukan investasi,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Subbagian Kerjasama, Najiran Syamsuddin mengatakan bahwa kedatangan perwakilan tersebut untuk melihat potensi investasi kerjasama di Kota Kakassar.

“Dia di bidang pendidikan dan publik sosial infrastruktur rumah sakit, sampah dan segala macam. Beliau minta data, salah satunya, latar Kota makassar dan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) di Kota Makassar,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini, pemerintah Kanada sementara masih mempelajari data-data yang telah diserahkan. Ia mengatakan, Kanada  termasuk kota yang terkenal dengan smart citynya,

“Tawaran khusus kepada perwakilan kanada, kita kasih buku top 10 investasi pemerintah kota makassar dengan penerapan KPBU di Kota Makassar,” ungkapnya.

Najiran mengatakan bakal mengundang perwakilan pemerintah Kanada untuk datang di Forum Investasi yang berlangsung di bulan November.

“Sekaligus membicarakan penjajakan kerjasama dengan pemerintah Kanada,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini