Kecelakaan saat Magang, Keluarga Siswi SMK 6 Dapat Santunan dari BPJS-TK Makassar

Terkini.id, Makassar – BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan kepada keluarga seorang siswi magang dari SMK Negeri 6 Makassar, Selasa 5 Juni 2019.

Siswi SMK 6 Makassar tersebut, Nurul Mifthahul Jannah, meninggal dunia dalam kecelakaan di saat statusnya sedang magang di PT PLN (Persero).

BPJS Ketenagakerjaan membuktikan komitmen untuk memberi perlindungan jaminan sosial.

Santunan tersebut diserahkan melalui Kepala Sekolah SMK Neg 6 Makassar, H Amar Bachti SPd MM disaksikan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar Dodit Isdiyono.

Ayah korban kecelakaan, yakni Syarifuddin, mewakili ahli waris menerima santunan sebesar Rp 24.000.000 dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Makassar Amar Bachti mengungkapkan rasa terima kasihnya.

“Karena ini semua sukses berkat atensi dan sikap proaktif BPJS menghubungi pihak keluarga dalam rangka menyelesaikan klaim asuransinya,” terang Amar Bachti.

Dia pun berharap langkah SMK 6 yang mendaftarkan seluruh siswanya yang magang ke BPJS Ketenagakerjaan bisa diikuti sekolah-sekolah lain.

SMK 6 sebelumny sekolah mendaftarkan 412 siswanya yang mengikuti program magang di dunia kerja selama 6 (enam) bulan.

“Ini kita daftarkan untuk dua program yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) dengan iuran/bulannya Rp.16.800,-/siswa,” terang dia lagi.

Dodit Isdiyono Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Makassar mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI No.1 tahun 2016 pasal 4 (ayat 2), menyebutkan pemberi kerja selain penyelenggara negara yang mempekerjaakan pekerja magang, siswa kerja praktek, tenaga kerja honorer atau narapidana dalam proses asimilasi wajib mendaftarkan pekerja magang, siswa kerja praktek, tenaga honor atau narapidana dalam proses asimilasi ke dalam program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi berdasarkan hal tersebut seluruh siswa magang atau praktek kerja wajib didaftar di BPJS Ketenagakerjaan untuk 2 (dua) program perlindungan yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicover oleh kami BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Siswa SMK Neg 6 Makassar ini salah satu bentuk keseriusan kami memberikan bentuk perllindungan jaminan sosial, siswa magang atas nama nurul mifhatul Jannah mengalami kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan meninggal dunia, disini kami berikan santunan sebesar Rp 24.000.000 kepada ayah korban

“Nurul Mifthahul Jannah mengalami kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan meninggal dunia, di sini kami berikan santunan sebesar Rp. 24.000.000,- kepada ayah korban,” terangnya.

BPJS Ketenagakerjaan memberikan 4 program perlindungan jaminan sosial yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun, khusus siswa magang cukup didaftar pada 2 program saja yaitu JKK dan JKM.

Sebagai tambahan saat ini BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar telah membayarkan klaim sampai dengan 31 Mei 2019 sebesar Rp 12 Milyar untuk program JKK dan JKM yang terdiri dari:

– JKK sebanyak 399 Kasus dengan nilai Rp. 6.059.879.322,-
– JKM sebanyak 232 Kasus dengan nilai Rp. 6.269.500.000,-

Berita Terkait