Kecelakaan saat KKN, Biaya Pengobatan Mahasiswa Unhas Ditanggung BPJS-TK

Terkini.id, Makassar – Rifky Rayana, Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan tampak tersenyum saat Tim BPJS Ketenagakerjaan dan UPT KKN Universitas Hasanuddin datang untuk membesuknya pada Jumat 19 Juli.

Rifky dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Jumat malam 12 Juni 2019.

Dia mengalami kecelakaan tunggal selepas menghadiri pertemuan Desa Lamatiriawang Kabupaten Sinjai.

Rifky merupakan satu dari 1.200 Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan selama menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Karena telah dicover BPJS Ketenagakerjaan, semua biaya perawatan dan pengobatan selama di Rumah Sakit menjadi tanggung jawab BPJS Ketengakerjaan.

Hal ini membuat Rifky dan keluarga Merasa Bersyukur dan Terbantu atas Manfaat Yang di berikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini berkat Inisisasi dari Rektor UNHAS Prof Dwia Ariestina Pulubuhu beserta Tim UPT KKN UNHAS yang dikomandoi oleh Muhammad Kurnia untuk mendaftarkan peserta KKN Tematik sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan pada bulan Juni lalu.

Dengan Iuran hanya Rp 16.800 per bulan untuk satu orang, maka mahasiswa berhak atas manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan Terdaftarnya Mahasiswa KKN sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka selama di lapangan mahasiswa KKN berhak atas Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian sesuai PP 44 2015.

Apa yang dilakukan oleh Rektor UNHAS dan Kepala UPT KKN yang telah mendaftarkan mahasiswa KKN merupakan perhatian dan kepedulian yang luar biasa terhadap keselamatan Mahasiswa KKN-nya.

“Diharapkan, dengan Masuknya Mahasiswa KKN UNHAS sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan, akan menjadi pemantik bagi kepedulian dan perhatian kampus sekolah lain di Indonesia untuk ikut serta dalam mendaftarkan mahasiswa/siswa KKN/Magang terhadap Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sesuai Permenaker No 01. 2018,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Dodit Isdiyono.

Berita Terkait
Komentar
Terkini