Keren, Mahasiswa Unhas Rakit Alat Hand Sanitizer Otomatis Arduino

Alat Hand Sanitizer Otomatis Arduino yang telah dirakit oleh Dirga Utama Kamal, mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 Kelompok Gowa 4

Terkini.id, Gowa – Di tengah mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) membuat Pemerintah menghimbau masyarakat agar dalam melaksanakan segala aktivitas harus dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19.

Hal itu dilakukan Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

Dalam pencegahan penyebaran Covid-19, perlu dilakukan oleh setiap individu dengan mematuhi protokol kesehatan diantaranya, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.

Di setiap fasilitas umum telah banyak di jumpai ketersediaan hand sanitizer, akan tetapi perlu diketahui bentuk penularan Corona Virus, yang salah satunya adalah tetesan air liur ketika batuk atau bersin, dimana sebagian besar manusia ketika batuk atau bersin dia langsung menutup mulutnya dengan telapak tangan.

Percikan batuk atau bersin tersebut dapat menempel pada telapak tangan yang tidak bisa dipungkiri setelah batuk atau bersin.

Menarik untuk Anda:

Dan secara spontan biasanya kita langsung memegang dan menekan spray hand sanitizer sehingga bisa jadi tempat spray hand sanitizer menjadi sarang virus atau bakteri yang dapat menyebabkan kontaminasi pada orang lain ketika menyentuh spray hand sanitizer tersebut.

Hal ini tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut dapat beresiko pada fasilitas penyediaan Hand Sanitizer disetiap fasilitas umum.

Sebagai wujud kepedulian civitas akademika dalam pencegahan penularan corona virus disease 2019 (Covid-19), Dirga Utama Kamal, mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 Kelompok Gowa 4 merakit alat hand sanitizer otomatis Arduino di Kompleks Nusa Indah,Desa Bontoala,Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

“Alat hand sanitizer otomatis Arduino yang saya rakit ini dapat berfungsi meminimalisir bakteri, virus, kuman dan mikroorganisme yang bisa membawa penyakit,” jelas Dirga Utama Kamal.

Lebih lanjut, Dirga Utama mengatakan, perakitan hand sanitizer otomatis itu merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan dalam KKN Unhas gelombang 104 kelompok Gowa 4.

“Perancangan Hand Sanitizer Otomatis Arduino ini mampu mengeluarkan cairan liquid hand sanitizer tanpa menyentuh botol atau spray hand sanitizer,” ungkap Dirga Utama.

Dalam merakit alat Hand Sanitizer Otomatis Arduino, Dirga Utama menggunakan Arduino Uno, Sensor Ultrasonic dan Servo.

Alat Hand Sanitizer Otomatis Arduino yang telah dirakit oleh Dirga Utama Kamal, mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 Kelompok Gowa 4

“Sensor Ultrasonik ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu objek dalam jarak tertentu, yang dimana objek pada kasus ini yaitu tangan dan tidak lagi menekan botol hand sanitizer dan secara otomatis liquid handsi akan keluar dengan sendirinya,” terangnya.

Perakitan alat tersebut telah mendapat respon positif dari Dosen Pengampu KKN (DPK) pada seminar program kerja saat pelaksanaan Seminar Program Kerja, 13 Juni 2020

“Cara kerja dari sensor-sensor yang dirakit untuk membuat alat hand sanitizer otomatis Arduino itu, setidaknya bisa membantu meminimalisir kuman atau bakteri dan virus yang membawa penyakit,” jelas Dosen Pengampu KKN Unhas Gelombang 104, kelompok Gowa 4, M. Zulfan Hakim.

Menurutnya, alat tersebut dapat diperbanyak dan disimpan difasilitas-fasilitas umum.

“Di samping itu, saya harap para mahasiswa KKN tetap bisa menerapkan protokol kesehatan, karena kami pihak P2KKN tidak ingin jika mahasiswa yang sedang melaksanakan program KKN terdampak Covid-19,” ujar M. Zulfan Hakim.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lomba TikTok dan Selfie NIVI Berakhir, Ini Dia Para Pemenangnya

Jebolan East China Normal University Jadi Jubir di Pilkada Bulukumba

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar