Ketua KNPI Sulsel: Pancasila Bukan Simbol yang Hanya Dipanjang dalam Ruangan

KNPI Sulsel
Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel Imran Eka Saputra

Terkini.id, Makassar – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel Imran Eka Saputra memaknai Hari Kesaktian Pancasila (HKP) yang jatuh pada tanggal 1 Juni sebagai ideologi berbangsa dan bernegara menjadi semangat anak muda.

“Pancasila sebagai sebuah ideologi berbangsa dan bernegara tentunya harus menjadi spirit gerakan setiap pemuda Indonesia,” ungkap Imran Eka Saputra, Sabtu, 1 Juni 2019.

Tak hanya itu, Imran Eka yang juga Dosen Hukum UMI ini menilai bahwa pancasila bukan hanya sebagai sebuah simbol yang dipajang dalam sebuah ruangan.

“Akan tetapi nilai-nilai yang dimiliki pancasila itulah yang tentunya yang menjadi sebuah perekat bagi setiap ummat manusia tanpa memandang suku ras dan agama,” tuturnya.

“Ruh dari pancasila itu terletak pada¬† nilai yang dimilikinya yaitu nilai ke-Tuhan-an yang Maha Esa, tanpanya semuanya akan menjadi tak bermakna sebab tanpanya sila yang lain tidak menjadi bermakna,” tambahnya.

Imran: Pancasila, ikon spirit dalam berbangsa dan bernegara

Menarik untuk Anda:

Menurut Imran, semua sila yang tertuang dalam Pancasila merupakan hal yang menjadi dasar bagi kesatuan Republik Indonesia.

“Bagi pemuda kami tentunya mengusung nilai pancasila sebagai sebuah ikon spirit dalam berbangsa dan bernegara, untuk itu kita harus terus bersatu tanpa saling membenci serta mengobarkan api perpecahan satu sama lain,” harapnya.

Dengan demikian, ia berharap sebagai pemuda dengan penuh kesadaran sudah semestinya kita memahami makna-makna yang terkandung pada Ideologi pancasila.

“Karena bagi kami tentu hal ini menjadi penting untuk generasi kita yang akan datang. Olehnya itu saya selaku Ketua KNPI Sulsel mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila tepat pada tanggal 01 Juni 2019,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dewan Sebut Sekolah Bukan Satu-satunya Tempat Belajar

OJK Minta Status PT BPR Beralih ke Perseroda, Dewan Target Rampung Tahun Depan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar