Makassar Terkini
Masuk

Megawati Soal Pancasila: Jika Diganti, Bagian Timur Bakal Lepas

Terkini.id, Jakarta – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri menegaskan tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. 

Ia memastikan kondisi Indonesia akan terpecah belah apabila ada yang ingin mengganti Pancasila.

“Kalau ada orang yang mau ganti Pancasila, begitu diganti taruhan sama saya, bagian timur pasti lepas,” ujar Megawati dalam Forum Diskusi Denpasar 12, berjudul Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara, secara virtual, seperti dikutip Mediaindonesia, Kamis 11 Agustus 2022.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini mengatakan terdapat empat aspek yang dapat mempertahankan Bangsa Indonesia.

Keempat itu adalah Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan gotong royong.

“Kalau salah satu ini hilang, enggak ada menurut saya yang namanya Indonesia yang dikenal sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangga lah menjadi Bangsa Indonesia,” kata Mega.

Mega menekankan pihaknya bersedia untuk bertukar pikiran kepada pihak yang ingin merubah Pancasila. Namun, ia menegaskan Pancasila merupakan muruah dari Nusantara.

“Makanya (nusantara) disatukan oleh (Presiden Soekarno) dengan para pahlawan kita,” jelasnya.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu menegaskan terdapat empat aspek yang dapat mempertahankan Bangsa Indonesia. Yaitu, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan gotong royong.

“Kalau salah satu ini hilang, gak ada menurut saya yang namanya Indonesia yang dikenala sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia, banggalah menjadi Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Seperti diketahui, ada kelompok bernama Khilafatul Muslimin yang berencana mengganti Pancasila menjadi khilafah. Tindakan terlarang tersebut telah ditindak oleh aparat kepolisian dengan menangkap pimpinan kelompok dan sejumlah anggotannya.