Masuk

KH Achmad Zen: Pancasila Hasil Pengkhianatan Soekarno, Bukan Kesepakatan Ulama

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan seorang pendakwah bernama KH Achmad Zen menyebut Pancasila bukan hasil dari kesepakatan ulama melainkan pengkhianatan Soekarno, viral di media sosial.

Video KH Achmad Zen sebut Pancasila merupakan hasil dari pengkhianatan Soekarno itu awalnya diunggah akun TikTok @jas_hendryawan dan viral usai dibagikan pengguna Twitter @tukangrosok_, seperti dilihat Terkini.id pada Jumat 29 Juli 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menunggu langkah tegas dari aparat Kepolisian terkait isi ceramah KH Achmad Zen dalam video tersebut.

Baca Juga: Refleksi Sejarah Hari Tani Nasional, Akar Pokok Lahirnya Undang-Undang Agraria

“Karepmu ki opo to Druunnn Drun. Kadrun dongo ini mau bertanggung jawab dg ucapannya. Kita tunggu langkah tegas DivHumas_Polri CCICPolri GERCEP gak, Jngn cuma Anggota di fitnah kalian Gercep,” cuit netizen @tukangrosok_.

Dilihat dari video itu, tampak narasi bertuliskan bahwa penceramah yang berbicara dalam video tersebut yakni bernama KH Achmad Zen.

Selain itu, juga tertulis narasi yang menyebut PDI Perjuangan bisa tersinggung dengan ucapan Achmad Zen dalam ceramahnya itu.

Baca Juga: Tak Hafal Pancasila, Ketua DPRD Lumajang Putuskan Untuk Mundur Dari Jabatannya

Narasi dalam video tersebut juga menuliskan ulang pernyataan KH Achmad Zen dalam isi ceramahnya itu yang menyebut Pancasila bukan hasil dari kesepakatan ulama melainkan pengkhianatan Soekarno.

“Orang PDI-P bisa tersinggung nih! Namanya KH Achmad Zen. Pancasila BUKAN HASIL dari Kesepakatan Ulama. Melainkan Pengkhianatan SOEKARNO,” demikian tertulis isi narasi dalam video itu.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada klarifikasi dari pihak penceramah yang bersangkutan dalam hal ini KH Achmad Zen terkait video ceramahnya yang viral itu.

Adapun dalam tayangan video tersebut, terlihat KH Achmad Zen tengah ceramah di hadapan jemaah. Ia pun kemudian menyinggung Pancasila.

Baca Juga: Memalukan, Ketua DPRD Tak Hafal Pancasila, Ini Sosoknya

Menurutnya, Pancasila bukan buatan ulama melainkan buatan Proklamator RI Ir Soekarno yang ‘dijual’ ke umat mengatasnamakan hasil kesepakatan para ulama.

“Pancasila dari siapa? Bukan dari kesepakatan ulama, itu buatan Soekarno yang kemudian dijual ke umat ‘ini loh kesepakatan ulama’,” ujar Kiai Achmad Zen.

Ia pun bersumpah atas nama Allah bahwa Pancasila bukan buatan ulama melainkan hasil pengkhianatan Soekarno. KH Achmad Zen pun mengaku siap bertanggung jawab terkait pernyataannya itu.

“Demi Allah itu bukan buatan ulama, itu pengkhianatan Soekarno. Saya tanggung jawab!,” ujarnya.