Kisah Abdul Khaliq Jadi Duta Literasi SMA Islam Athirah Bukit Baruga

Terkini.id, Makassar Abdul Khaliq, Siswa Kelas XI MIPA 2 berhasil menjadi juara I dalam ajang Pemilihan Duta Literasi SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Pada Rabu 11 Mei 2022 lalu di Gymnasium Sekolah Islam Athirah. Kegiatan tersebut digelar Oleh OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga.

Bagi Abdul Khaliq, persoalan utama perkembangan literasi dewasa ini adalah kurangnya keterlibatan dan pemanfaatan teknologi.

Untuk itu, Abdul Khalik berupaya mengembangkan literasi di sekolah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Baca Juga: Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Training Implementasi Kurikulum...

”Meningkatkan minat baca dan literasi di sekolah tidak bisa kita lakukan sendiri. Apalagi sebagai seorang pelajar, kita belum punya banyak pengalaman. Untuk itulah saya menawarkan solusi untuk melibatkan teknologi, siswa, guru, dan perpustakaan sekolah,” ujarnya kepada Wartawan, Sabtu 14 Mei 2022.

Setelah terpilih menjadi pemenang, Abdul Khalik bersiap untuk mengajak para siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga untuk meningkatkan minat lietrasi.

Baca Juga: SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bekali Guru Pemahaman Kurikulum Merdeka

“Harapan saya siswa semakin tidak malas dalam membaca dan bisa membiasakan diri, Insya Allah saya akan memberikan contoh secara pelan pelan mulai dari kelas untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah,” tuturnya.

Selain itu, Abdul Khalik bercerita keberhasilnnya meraih Duta Literasi tidak lepas dari niat untuk bersungguh-sungguh memajukan budaya literasi di sekolah.

“Tips saya itu simpel dalam melakukan sesuatu lakukan jangan setengah-setengah namun lakukan dengan niat sungguh-sungguh dengan begitu kita akan mampu mengeluarkan kemampuan terbaik,” ungkapnya.

Baca Juga: SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bekali Guru Pemahaman Kurikulum Merdeka

Sementara itu. Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga, H M Ridwan Karim M.Pd mengapresiasi kegiatan tersebut sebagi bentuk untuk membangun budaya literasi. Hal itu diungkapkan pada saat membuka kegiatan pemilihan duta literasi.

Selain itu, dia menjelaskan pula bahwa SMA Islam Athirah Bukit Baruga telah mempunyai Perpustakaan digital. Ia berharap fasiltas itu bisa dimanfaatkan.

“Sekita ada 7 ribu buku di Perpustakaan digital sangat rugi kalau tidak dimanfaatkan maksimal berharap dengan adanya duta literasi bisa mengoptimalkan fasilitas yang kita punya,” tutupnya.

Citizen Reporter : Muhammad Syafitra S.Pd

Bagikan