KPU Tetapkan Danny Pomanto sebagai Wali Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Setelah dinyatakan sebagai pasangan yang mendapat suara terbanyak dalam Pilkada Kota Makassar dengan perolehan sebanyak 218.908 ribu atau 41,3 persen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menetapkan pasangan nomor urut 1, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih.

Pada kesempatan itu, Danny mengatakan Kota Makassar telah membuktikan sebagai contoh terbaik demokrasi di Indonesia. Pasalnya, sebelumnya Makassar masuk sebagai salah satu daerah zona merah Pilkada 2020.

“Komioner KPU telah mengawal Pilwalkot Makassar hingga berjalan tanpa kendala berarti,” kata Danny Pomanto di Hotel Claro, Sabtu, 23 Januari 2021.

Selain KPU, Danny juga menyebut KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri telah bekerja luar biasa untuk mewujudkan Pilkada damai di Kota Makassar.

Mungkin Anda menyukai ini:

“Mereka memberikan pemahaman kepada warga Makassar tentang politik cerdas sehingga tidak membuat riak-riak,” ungkapnya.

Baca Juga: Danny Pomanto Tetapkan Selasa Hari Ojol, Begini Tanggapan Komunitas Ojol

Danny menegaskan kemenangan Adama adalah kemenangan rakyat, bukan kemenangan paslon nomor urut 1, 2, 3 dan 4.

Pilkada 2020 di Kota Makassar diketahui berjalan tanpa kendala berarti. Pasalnya, tidak ada gugatan atau sengketa hasil Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota usai rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU tuntas. 

Bahkan tak ada yang berlanjut ke Mahkamah Konstitusi. 

Baca Juga: 3 Aset Pemprov Dinilai Terlantar, Salah Satunya Masjid 99 Kubah,...

Sebelumnya, KPU Makassar telah mengumumkan perolehan suara hasil dari rekapitulasi di hotel Harper. Pasangan nomor urut satu Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi memperoleh 218.908 ribu suara dengan presentase 41,3 persen dan dinyatakan sebagai pemenang.

Diposisi perolehan suara kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) meraih sebanyak 184.094 ribu suara dengan persentase 34,7 persen.

Ditempat ketiga, pasangan nomor urut 3 Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda (Dilan), memperoleh suara 100.869 ribu suara dengan presentase 19,0 persen. Suara pasangan ini tersebar di sejumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Sedangkan perolehan suara pasangan nomor urut empat, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH (Imun) sebanyak 25.817 ribu, dengan presentase 4,9 persen tersebar hampir di semua TPS

Untuk jumlah suara sah hasil rekapitulasi sebanyak 529.668 ribu suara, kemudian suara tidak sah 7.897 suara. Total suara sah dan tidak sah tercatat 537.585 suara.

Bagikan