Lantik Pengurus Kampung Donor, Ini Pesan Ketua PMI Makassar

Terkini.id, Makassar – Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal (Deng Ical) melantik langsung pengurus Kampung Donor yang digelar di Halaman Kantor Lurah Minasa Upa, Minggu, 23 Februari 2020.

Kampung Donor ini pertama terbentuk di Makassar dengan gagasan awal oleh PMI Kecamatan Rappocini yang selanjutnya Agus Salim Said sebagai ketua membentuk jajaran pengurus.

Pada pengukuhan yang dirangkaikan launching donor darah sebelas kelurahan se Kacamatan Rappocini ini dihadiri para tokoh masyarakat, Lurah Minasa Upa, TP PKK, kepolisian, TNI hingga Anggota DPRD Makassar.

Ketua Kampung Donor, Agus Salim Said dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak hingga Kampung Donor dikukuhkan.

Kampung Donor, kata Agus, mengajak pendonor pemula dan merawat pendonor aktif. Dengan menjaga sistem ketahanan donor secara menyeluruh di kecamatan Rappocini.

“Ini amanah untuk kemanusiaan. Kami berharap Kampung Donor yang lahir di Minasa Upa Kecamatan Rappocini bisa berkembang ke seluruh kecamatan di Makassar,” kata Agus Salim.

Menurutnya, melalui program strategis, baik dalam ruang lingkup sosial kemasyarakatan dan secara khusus di bidang keagamaan, sangat penting agar warga masyarakat tidak hanya mengetahui pentingnya mendonor dari sisi kesehatan namun bagaimana warga masyarakat lebih tergerak hatinya secara ikhlas untuk mendonorkan darahnya.

Sementara Deng Ical sapaan Syamsu Rizal menyampaikan Kampung Donor yang pertama secara umun.

Deng Ical mengatakan, Kampung Donor bukan hanya menggerakan para masyarakat untuk donor darah. Tapi mengakumulasi semua potensi yang ada di daerah tersebut dalam hal kemanusian.

Deng Ical juga berpesan agar Kampung Donor saling bersinergi dari dengan PMI, sayap PMI seperti Sibat.

“Sehingga membangun Makassar ini dalam konteks kemanusiaan. Tunjukan sikap profeaional bila sudah memakai baju PMI tidak boleh ada kepentingan politik tapi utamanya adalah kemanusiaan,” tutur Deng Ical.

Deng Ical juga berpesan agar Kampung Donor ini selalu hadir saat dibutuhkan masyarakat. Karena wadah ini hadir memberikan solusi bukan memunculkan masalah sosial.

“Setiap menggunakan logo ini (PMI) artinya setiap orang harus siap membantu mengurangi penderitaan bersama. Baik pagi, siang, sore, malam kita harus siap membantu,” ungkap Deng Ical.

Sementara Ketua Ikatan Alumni Pesantren Annahdlah, Rizal Syarifuddin, yang turut hadir memberikan doa agar kepengurusan Kampung Donor, diberkahi dan bermanfaat untuk kemaslahatan ummat.

Di kegiatan ini juga dilaksanakan donor darah dan lomba karaoke yang diikuti antusias oleh warga.

Komentar

Rekomendasi

Tak Tutup Bandara dan Pelabuhan, Langkah ini yang Diambil Iqbal di Tengah Wabah Corona

Wahdah Tanggap Corona Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan ke RSUD Haji Makassar

Iqbal Suhaeb: 1.300 Rapid Test Sudah Tiba di Makassar

Bantu Tim Medis Covid-19, Muslimah Wahdah Makassar Sumbang Paket Makanan

Cegah Corona, Pemuda Mallengkeri Makassar Bagi Masker dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ini Jadwal Penyemprotan Disinfektan di Kota Makassar

Pj Walikota Makassar Pastikan Bakal Tutup Seluruh Toko yang Masih Beroperasi di Tengah Covid-19

UNBK Dihapus, Pemkot Makassar Siapkan Metode Kelulusan Siswa

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar