Deng Ical: Stok Darah di Makassar Hanya Cukup 7-8 Hari

Terkini.id, Makassar – Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal alias Deng Ical menyebut stok darah yang ada saat ini sebanyak 1047 kantong. Ia mengatakan hal itu cukup untuk 7-8 hari ke depan.

“Masalah kita, banyak masyarakat menganggap bahwa berbahaya kalau donor,” kata Ical di Posko Induk Covid-19 Makassar, Jalan Nikel, Senin, 6 April 2020.

Padahal donor darah mampu meninggatkan imun tubuh lantaran ada produksi darah baru. Menurut Ical, sistem kekebalan tubuh berpotensi naik saat melakukan donor darah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Makassar Belum Punya Kebijakan Kuat Terkait Waterftont...

Kesulitan lain, Ia mengatakan, saat ini, masyarakat mulai bekerja dari rumah atau work from home sehingga pendonor suka rela berkurang. Ia mengatakan pihaknya butuh energi besar untuk menjemput ke rumah pendonor.

“Logikanya begitu, banyak WFH sehingga tidak keluar, dan mahasiswa tidak kuliah, jadi pendonor sukarela berkurang jadi mesti dijemput di rumahnya,” kata dia.

Baca Juga: Danny-Fatma Satukan Eks Pasangan Appi, None dan Deng Ical

Saat ini, pihaknya terus berburu pendonor untuk memenuhi stok darah di Makassar hingga dalam keadaan stabil.

Kendati stok darah secara umum berada pada level aman, Ical mengatakan PMI Kota Makassar memiliki standar menampung stok darah hingga 10 hari.

“Hari ini karena pandemi ini bersamaan dengan epidemi demam berdarah maka kita kekurangan pendonor,” cetusnya.

Baca Juga: Hanura Sebut Cuma Dua Pasangan Calon yang Bersaing Ketat di...

Untuk mengantisipasi hal itu, beberapa hari terakhir pihaknya menjadwalkan rutin untuk mendatangi berbagai instansi seperti TNI dan Polri untuk melakukan donor darah.

Begitu pun dengan pihak Satpol PP beberapa hari sebelumnya. Hal yang sama juga berlaku bagi pihak swasta yang hendak melakukan donor darah.

“Kami jadwalkan rutin, minta TNI dan polri turun tangan. Sekarang berburu terus. 70-100 per hari yang masuk. Kita ada defisit 40 kantong per hari,” pungkasnya.

Sponsored by adnow
Bagikan