Lappa Laona, Wisata Di Bawah Langit Kabupaten Barru

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Wisata Bukit Lappa Laona di Kabupaten Barru. (Sumber: travelingyuk.com)

Terkini.id, Barru – Mengeksplor berbagai wisata di Sulawesi Selatan memang tak ada habisnya. Apalagi ketika kita menjelajahi lebih dalam, ternyata masih banyak wisata alam yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, baik lokal maupun mancanegara.

Bagi teman-teman yang ingin bersantai di alam terbuka atau ingin berkemah, penulis memberikan rekomendasi salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung atau berlibur di Sulawesi Selatan, yaitu Wisata Bukit Lappa Laona yang terletak di Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Bukit Lappa Laona merupakan objek wisata yang berada pada ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl, sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan yang natural dari ketinggian (kalau lihat jodoh, mungkin terhalang kabut).

Nah, untuk sampai ke Lappa Laona, kita hanya perlu melewati rel kereta api yang menghubungkan Kabupaten Barru – Soppeng, tepatnya di Kecamatan Tanete Rilau. Setelah itu, kita menuju Kecamatan Tanete Riaja, tepatnya di Desa Harapan, kita akan sampai di gerbang perbatasan Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng. Sebelum masuk di Kabupaten Soppeng, kita akan dituntun oleh papan petunjuk di sebelah kanan jalan yang merupakan akses menuju lokasi Bukit Lappa Laona. Butuh sekitar 10 kilometer dari gerbang perbatasan untuk sampai ke Lappa Laona yang dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum memecahkan rasa penasaran teman-teman untuk melihat keindahan alam di Bukit Lappa Laona, pastikan kendaraan teman-teman dalam kondisi terbaik, karena dalam perjalanan, kita akan dihadapkan dengan jalur pendakian yang terjal. Namun teman-teman tak perlu khawatir, karena dalam perjalanan yang begitu menantang, kita akan disajikan oleh pemandangan alam dari ketinggian, keindahan pohon pinus yang berdiri tegak nan rapi, seakan menyapa para pengunjung yang melewatinya, serta masyarakat yang ramah dan siap selalu untuk menebar senyuman.

Penulis sendiri sudah dua kali ke Lappa Laona, pada saat mengikut program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan saat libur lebaran. Tentunya saya tidak sendiri, karena sendiri itu berat saat berwisata, iya kan?

´┐╝Penulis dan teman-teman saat berkunjung ke Lappa Laona, Kabupaten Barru.

Apalagi kalau sudah sampai ke Lappa Laona, kurang lengkap bila kita tidak membawa kamera yang menjadi saksi bahwa kita pernah berkunjung dan berwisata. Oh iya, untuk biaya masuk, kita hanya perlu membayar uang parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat, dan kita sudah bisa menikmati keindahan alam dari Bukit Lappa Laona sepuasnya.

Nah, apa saja yang menarik dan apa yang bisa dilakukan di Bukit Lappa Laona? Di sana, yang paling utama adalah kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sejuk, indahnya matahari pagi dan sore, dan sesekali kita akan dihadapkan dengan kabut yang menyelimuti kebahagiaan teman-teman.

Selain itu, agar Lappa Laona sebagai objek wisata dapat terekspos lebih luas dan memuaskan para pengunjung, maka wisata ini dilengkapi dengan spot-spot swafoto bagi yang ingin mengabadikan keseruan dan keindahan Bukit Lappa Laona seperti pondok-pondok yang berbentuk segitiga, gazebo, mountain bike park, uno stones dan wahana flying fox. Dan bagi yang ingin mengadakan camp atau mau berlama-lama, bahkan menginap di sana, kita akan disediakan camping ground yang sangat luas.

´┐╝Penulis dan teman-teman saat berkunjung ke Lappa Laona, Kabupaten Barru.

Sekadar informasi, sinyal atau jaringan di sana masih belum memadai, jadi bagi teman-teman yang ingin mengunggah atau membagikan cerita seru di sana, harus ekstra sabar atau kalau perlu setelah pulang dari Lappa Laona. Selain itu, penjual atau jajanan makanan dan minuman masih minim di sana, sehingga disarankan bagi teman-teman agar membawa bekal sebelum ke sana.

Yang terpenting, teman-teman tidak akan rugi saat berkunjung ke sana. Rasa lelah saat perjalanan, akan terbayarkan dengan suasana pemandangan yang sejuk nan indah dari ketinggian. Bahkan, teman-teman akan membuat rencana lagi untuk kembali ke sana dengan keseruan yang lebih keren dan kece lagi, sebagaimana pengalaman penulis yang tidak pernah bosan dan selalu ingin kembali ke sana.

Bahkan saat penulis pertama kali ke Kabupaten Barru, masyarakat di sana menyebut Bukit Lappa Laona sebagai wisata ‘Negeri di Atas Awan’. Predikat itulah yang membuat penulis bersama teman-teman KKN sangat antusias untuk ke sana dan menjadi bagian dari pengunjung yang merasakan panorama indah yang disuguhkan oleh objek wisata Lappa Laona. Dan tahun ini pun, penulis telah memasukkan wisata Lappa Laona sebagai resolusi yang wajib untuk dikunjungi kembali.

Komentar

Rekomendasi

IKA Kecam Sanksi DO Terhadap 28 Mahasiswa UKI Paulus Makassar

Pelantikan dan Rapat kerja pengurus HMI komisariat STIE-LPI cabang Makassar

Musyawarah besar PMK STIM LPI Makassar periode 2019-2020

Pelantikan Pengurus Baru BKPRMI Bulukumba, Tak Terduga KUA Bonto Bahari Bilang Begini

TNTB Laksanakan Pendidikan Lingkungan dan Menanam di Resor Pasitallu Timur

Kajian Islami Anak, Begini Pesan Wagub Sulsel

Fahriansyah: Masjid Istiqlal Indonesia Simbol Kemerdekaan Rakyat Palestina

KLHK Bersama Anggota Dewan Komisi IV DPR RI Sidak 1078 Kontainer Sampah Impor

ARN Buka Festival Pop Singer 2020 se Kota Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar