Makassar Terkini
Masuk

LAZ Assalam, JSIT Papua, dan IZI Sulsel Bagikan Sembako untuk Korban Banjir Bandang

Terkini.id, Luwu Utara- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Assalam, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Papua, dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan bagikan 160 paket sembako kepada para korban banjir bandang Masamba di Dusun Teppo, Desa Wara, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara pada hari Kamis, 15 Oktober 2020.

Dusun tersebut merupakan salah satu dusun yang jarang tersentuh bantuan saat bencana. Hingga kini kondisi Dusun Teppo masih tergenang air. Sumur yang warga miliki terendam dan air yang keluar pun keruh sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak apalagi diminum. Begitu pula dengan sawah, kebun dan ternak yang dimiliki warga banyak yang terbawa arus sehingga aktivitas pertanian dan perternakan sebagai sumber penghasilan warga pun lumpuh. 

Pada proses pendistribusian sembako, tim mengalami kesulitan mengingat jarak tempuh selama 3 jam dengan jalan bebatuan dan harus menyebrangi sungai  selama 15 menit dengan menggunakan perahu kecil (katinting). Pembagian sembako ke rumah warga yang dapat dijangkau dan selebihnya diserahkan ke pemerintah setempat sebagai perwakilan masyarakat.

Walaupun kondisi masyarakat setempat masih kesulitan terutama dalam mendapatkan air bersih dan melanjutkan pekerjaan, namun warga masih bersyukur atas bantuan yang datang dari LAZ Assalam dan JSIT Papua yang disalurkan melalui IZI Sulawesi Selatan.

“Sebagai masyarakat sekaligus perwakilan pemerintah kami ucapkan terimakasih banyak untuk semua pihak yang telah membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah banjir. Bantuan seperti ini masih sangat dibutuhkan oleh warga dan tentunya bantuan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kita untuk para korban dan semoga Allah senantiasa membalas kebaikan bapak/ibu baik didunia maupun di akhirat,” tutup Annisa mewakili warga Dusun Teppo.

Citizen Reporter: M. Ichsan