Gotong Royong dengan Zakat, IZI Sulsel Benah Masjid di Jeneponto

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Jeneponto-Masjid adalah sebuah tempat yang sangat sakral bagi umat muslim. Masjid tidak hanya menjadi sebuah tempat ibadah bagi umat muslim, tapi m juga menjadi tempat untuk belajar dan bermasyarakat. Maka sudah seyogyanya masjid memiliki suasana nyaman untuk fungsi-fungsinya tersebut.

Namun, hal yang berbeda terlihat dari masjid yang berada di Dusun Sunggumanai, Desa Balumbungan, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto. Masjid Al-Yaqin nampak sangat kumuh dari luar, tanpa kaca jendela, lantai depan yang masih di semen kasar, kusen-kusen yang nampak retak dimakan rayap, langit-langit masjid yang menganga tanpa plafon, dengan pintu yang hanya terbuat dari seng dan jika hujan turun maka air pun masuk kedalam masjid karena atapnya yang bocor.

Rika, anak imam dusun di kampung tersebut mengabarkan bahwa masjid masjid tersebut adalah masjid yang pertama kali dibangun di daerah itu dan belum pernah dipugar selama bertahun- tahun. Melalui program Gotong Royong Dengan Zakat, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan melakukan pembenahan untuk masjid tersebut.

Persiapan pembenahan dimulai sejak Rabu, 20 Mei 2020. Tim IZI Sulawesi Selatan melakukan perjalanan dari Kota Makassar menuju Kabupaten Jeneponto dengan jarak 88,5 km, sekitar 3 jam perjanan mobil untuk melakukan pembenahan di masjid Al-Yaqin. Di bantu oleh warga setempat, tim melakukan pembenahan. Berkat gotong royong yang di lakukan bersama dengan warga setempat, Pembenah masjid Al-Yaqin rampung pada, Jumat, 22 Mei 2020.

Sahman, imam masjid Al-Yaqin mengungkapkan kesyukurannya atas bantuan yang diberikan. “Saya tidak berpikir bahwa ada lembaga seperti IZI yang mempunyai program benah mesjid yang sangat luar biasa manfaatnya, komitmen dan gesit dalam bekerja. Semoga kedepannya lebih berkembang lagi, bermanfaat, semakin banyak donatur dan semoga apa yang di lakukan dan di berikan kepada masyarakat menjadi amal jariah,” terang Sahman.

Masjid memiliki kedudukan yang mulia yang merupakan simbol syiar Islam, masjid tidak hanya dijadikan tempat ibadah bagi kaum muslim akan tetapi sering pula dijadikan tempat untuk meningkatkan hubungan baik dengan sang kuasa maupun hubungan sosial.

Citizen Reporter: Karlina Ende P.

Komentar

Rekomendasi

Polres Gowa Mamfaatkan Kandang Ayam Terabaikan

Spesialis Cover Lagu, Channel YT ini Cocok Untuk Kamu yang Lagi Nyantai

Wujudkan RPH Sesuai Standarisasi dan Terintegrasi

Polres Gowa, Juara Pertama Bhabinkamtibmas Teladan Tingkat Polda Sulsel

Ops Ketupat Lipu 2020, Fokus Pada Pengendara Tidak Makai Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar